Kaur Siap Sambut Tahun Baru: Pantai Laguna Gelar Pekan Gurita, Pengubayan Gratiskan Tiket Masuk

Kaur Siap Sambut Tahun Baru: Pantai Laguna Gelar Pekan Gurita, Pengubayan Gratiskan Tiket Masuk

PANTAI : Pantai Laguna Kaur menjadi tujuan utama wisatawan-andri irawan-raselnews.com

KAUR, RASELNEWS.COM - Liburan tahun baru hanya hitungan hari lagi. Sebelum memutuskan tujuan, ada baiknya kembali mempertimbangkan tujuan berwisata bersama keluarga atau pun dengan sang kekasih.

Tentunya, tempat wisata ini memiliki pemandangan yang elok dan sedap dipandang mata.

Nah, dalam menyambut tahun baru 2023, ini Kabupaten Kaur, Bengkulu, yang memiliki sejumlah objek wisata yang mempesona, siap menyambut kedatangan wisatawan, baik lokal maupun daerah luar.

BACA JUGA:Ini Tempat Wisata di Bengkulu, Rekomendasi Tempat Berlibur, Beda Dari yang Lain

Dari informasi, dua lokasi objek wisata yakni Pantai Laguna Samudra di Desa Merpas Kecamatan Nasal, dan Pantai Pengubayan Kecamatan Kaur Selatan merupakan objek wisata yang sangat wajib dikunjungi.

Lalu sebatas mana persiapan kedua objek wisata unggulan di Kabupaten Kaur tersebut menjelang tibanya penggantian tahun? berikut hasil pantauan Raselnews.com

BACA JUGA:10 Objek Wisata Kaur yang Aman Cuaca Buruk Saat Menyambut Pergantian Tahun

Pantai Laguna misalnya. Dalam menyambut tahun baru ini, pihak pemerintah desa setempat bekerja sama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Akar Foundation Bengkulu menggelar Festival Gurita yang nanti akan melibatkan sejumlah elemen masyarakat.

"Jadi ada stand stand pameran nanti dan juga ada lomba menggambar gurita bertepatan dengan perayaan tahun baru, semua kegiatan kita pusatkan dipantau Laguna," ujar Kades Merpas, Kurniawansyah kepada Raselnews.com.

BACA JUGA:15 Objek Wisata Ini Bisa Jadi Pilihan Saat Libur Nataru di Bengkulu Selatan, 2 Masuk Nominasi 5 Besar API


Selain menyediakan berbagai kegiatan, Pantai Laguna yang bersebelahan dengan Pantai Ujung Lancang itu, juga menyediakan hiburan yang disuguhkan pihak ketiga yang mengelola Laguna.

Meski begitu pengunjung juga masih diwajibkan membeli tiket masuk sesuai perda yakni Rp 15 ribu perorang.

"Untuk pengelolaan Laguna bulan Januari ini dikelola oleh pihak ketiga dan sudah dikontrak. Namun tentunya kita tetap dilibatkan nantinya 20 persen hasil penjualan tiketnya untuk desa," imbuh kades.

BACA JUGA:Bangunan Wisata Alam Sekunyit Bengkulu Selatan “Dilahap” Laut

Kades menuturkan diperkirakan kunjungan Pantai Laguna akan meledak pada saat perayaan tahun baru.

Tentunya untuk antisipasi hal yang tidak diinginkan pihak pengelola saat ini terus berkomunikasi dengan keamanan dan pihak lain.

Ia mengaku penunjukan pengelola dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kaur dan pihak desa sudah menerima setelah ada penujukan dari pihak ketiga. 

BACA JUGA:Libur Natal dan Tahun, Ini Daftar Objek Wisata di Kaur yang Menarik Dikunjungi

"Kita upayakan nanti kedepan pengelolaan Pantai Laguna kembali dikelola oleh BUMDes Merpas Berjaya sehingga dapat lebih menyerap tenaga kerja dan menambah PAD desa," demikian Kurniawansyah

Berbeda dengan Laguna, Pantai Pengubayan yang berada Desa Pengubayan Kecamatan Kaur Selatan tidak membutuhkan kocek lebih untuk berkunjung.

BACA JUGA:Pengelolaan Objek Wisata Bengkulu Selatan Saat Nataru Ditunjuk Langsung, Ini Alasan Dinas Pariwisata

Pengelola dan pemerintah desa setempat tidak menerapkan karcis masuk alias gratis. 

Menariknya lagi, di Pantai Pengubayan ini, ada empat objek wisata lain dan semuanya gratis tidak membutuhkan karcis masuk.

Keempatnya itu yakni Garden KSF, Harin Surfcamp, Wahana Batu Karang, dan Putri Pinang Tawar.

BACA JUGA:Objek Wisata Bisa Ciptakan Lapangan Pekerjaan Baru

"Tidak ada karcis masuk semuanya gratis silakan berkunjung," ujar Kades Pengubayan, Herman S.Pdi.

Selain tersedia pemandangan alam, Pantai Pengubayan juga akan menyedikan wahana bermain untuk anak-anak ditambah dengan hiburan musik lokal.

Gratisnya objek wisata itu dibenarkan Matahirin, pengelola Harin Surfcamp yang juga menyediakan penginapan.

BACA JUGA:Wisata Arung Jeram Bengkulu Selatan Masuk Nominasi 5 Besar API

Hanya saja diakui Matahirin, khusus penginapan, saat ini sudah full alias penuh hingga beberapa hari kedepan usai tahun baru.

"Untuk masuk objek wisata gratis. Tapi bagi yang mau menginap, kita sudah full hingga beberapa hari usai tahu baru," ujar Matahirin kepada Raselnews.com. (jul)

Sumber: