Kembangkan Sumber Daya Perikanan, Pemda Kaur Gendeng BRIN, Ini yang Akan Dilakukan

Kembangkan Sumber Daya Perikanan, Pemda Kaur Gendeng BRIN, Ini yang Akan Dilakukan

PERIKANAN : Pemkab Kaur menggelar pertemuan via zoom meeting dengan BRIN membahas tentang potensi perikanan dan rencana riset-Julianto-raselnews.com

KAUR, RASELNEWS.COM - Pemerintah Daerah Kaur mulai fokus mengembangkan potensi perikanan tahun 2023. Langkah pertama yang akan dilakukan adalah melakukan riset terkait potensi budidaya ikan dengan menggandeng Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN).

 

Untuk mematangkan rencana ini, Jumat (30/12) pihak Pemda Kaur menggelar pertemuan via zoom dengan perwakilan BRIN. Untuk menetapkan rencana penyusunan naskah kesepakatan. "Kami membahas rencana riset di bidang perikan. BRIN siap membantu Kaur," kata Sekda Kaur Drs H Ersan Syahfir, MM usia menghadiri zoom metting di lantai III Setda Kaur kemarin.

BACA JUGA:Bengkulu Selatan, Pagaralam dan lahat Sepakat Kembangkan Usaha Perikanan

 

Dikatakan sekda nota kesepakatan itu terkiat pengembangan potensi sumberdaya perikanan di Kabupaten Kaur.

 

Dimana banyak potensi perikanan yang dapat dikembangkan dan BRIN bersedia menggelar riset di Kabupaten Kaur. "Kaur juga menawarkan kerjasama di bidang lain selain sektor perikanan ini sedang kita siapkan formulanya, khusus perikanan memang sudah dari jauh hari dismapaikan," kata sekda.

BACA JUGA:Tahun Depan, Pelabuhan Perikanan di Seluma Dibangun

 

Masih berkaitan dengan riset, sebelumnya Menindaklanjuti Instruksi Mendagri terkiat permintaan membentuk Badan Riset Inovasi Daerah (BRIDA), Pemkab Kaur sendiri merencanakan akan membentuk BRIDA ditahun 2023 mendatang. Saat ini proses BRIDA dimulai dari tahapan penegasan urusan pemerintahan di Bidang Litbang, Inovtek, lalu masuk ke penataan kelembagaan, SDM, serta terakhir ke tahapan penganggaran.

BACA JUGA:Dinas Perikanan Siapkan 95 Ribu Bibit Ikan Untuk 24 Pokdakan

 

Nantinya BRIDA di Kabupaten Kaur akan beridiri sendiri sementara Bappeda Litbang akan berganti nama menjadi Bappeda. Pendirian BRIDa ini sendiri sudah mendapat restu dari BRIN sesuai surat Nomor : B-1083/I/OT.00.00/12/2022 teekait pertimbangan pembentukan BRIDA Kaur. (jul)

 

 

Sumber: sekda kaur drs h ersan syahfir