10 Cara Alami Menghilangkan Jerawat, Mudah dan Effektif

10 Cara Alami Menghilangkan Jerawat, Mudah dan Effektif

10 Cara Alami Menghilangkan Jerawat, Mudah dan Effektif--freepik.com

BACA JUGA:Mencegah Jerawat! 5 Pelembap Wajah Ini Cocok untuk Remaja

BACA JUGA:Tips Menggunakan Tea Tree Oil atau Minyak Pohon Teh untuk Mengatasi Jerawat

7. Cuka Apel

Cuka apel mengandung asam alami dan antibakteri yang efektif membasmi bakteri penyebab jerawat. Oleskan cuka apel pada jerawat menggunakan kapas, biarkan selama lima menit, lalu bilas.

Kamu juga bisa rutin mengonsumsi cuka apel dengan air hangat untuk menyeimbangkan mikroflora dalam pencernaan.

8. Pepaya

Buah Pepaya mengandung enzim papain yang mampu mengangkat sel kulit mati penyebab jerawat. Hancurkan pepaya dan gunakan sebagai masker, lalu bilas dengan air. Kulit pepaya juga bisa dimanfaatkan karena kandungan papainnya.

BACA JUGA:9 Cara Mudah dan Tepat Mencegah Timbulnya Jerawat di Wajah

BACA JUGA:Manfaat dan Cara Pakai Kuning Telur Ayam untuk Perawatan Wajah, Jerawat Hilang Muka Makin Glowing

9. Yogurt

Yogurt yang mengandung asam laktat, baik untuk kulit dan pencernaan. Gunakan yogurt sebagai masker untuk menghilangkan jerawat, atau campurkan dengan oatmeal untuk memberikan sensasi nyaman di kulit.

10. Tea Tree Oil

Tea tree oil memiliki kandungan antibakteri alami yang efektif membasmi bakteri penyebab jerawat dan meredakan peradangan. Namun, hindari penggunaan jangka panjang karena bisa menyebabkan kulit kering dan mengelupas.

Selama menjalankan perawatan alami di atas, hindari produk yang mengandung alkohol atau bahan kimia seperti retinol, AHA, BHA, dan benzoyl peroxide yang bisa menyebabkan iritasi.

BACA JUGA:Cara Menghilangkan Bekas Bopeng Jerawat Secara Alami, Solusi Wajah Bersih dan Glowing

BACA JUGA:Cara Pakai Madu untuk Masker Wajah, Rahasia Kulit Bersih dan Bebas Jerawat

Jaga kebersihan diri, hindari menyentuh wajah dengan tangan kotor, bersihkan ponsel secara rutin, dan ganti sarung bantal setidaknya seminggu sekali.

Jerawat sebenarnya akan hilang dengan sendirinya jika kamu tidak memencetnya hingga infeksi. Lakukan perawatan di atas dengan sabar, atau jika kamu menginginkan hasil yang lebih cepat, konsultasikan dengan dokter kulit untuk perawatan yang lebih tepat. (**)

Sumber: