10 Cara Alami Menghilangkan Jerawat, Mudah dan Effektif

10 Cara Alami Menghilangkan Jerawat, Mudah dan Effektif

10 Cara Alami Menghilangkan Jerawat, Mudah dan Effektif--freepik.com

RASELNEWS.COM - Jerawat, meski kecil, sering kali membuat kita bingung mencari solusi untuk menghilangkannya. Tak hanya remaja, Jerawat juga bisa muncul saat dewasa.

Jika kamu belum siap berkonsultasi dengan dokter kulit atau ingin mencoba alternatif alami, berikut adalah 10 cara alami yang mudah dan effektif dan bisa kamu coba menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan di rumah.

1. Tomat

Tomat kaya akan asam salisilat dan likopen yang membantu menyerap minyak berlebih dan mengecilkan pori-pori. Untuk menggunakannya, haluskan tomat dan oleskan ke wajah hingga setengah kering.

BACA JUGA:8 Manfaat Es Batu untuk Wajah, Dari Mencerahkan Hingga Mengatasi Jerawat

BACA JUGA:14 Makanan Penyebab Munculnya Jerawat! Baiknya Dihindari

Bilas dengan air, lalu cuci wajah. Kamu juga bisa rutin minum jus tomat tanpa gula untuk membantu proses pencernaan.

2. Air Mawar

Air mawar murni kaya akan asam salisilat, polifenol, dan vitamin C yang membantu mengangkat sel kulit mati dan mengurangi jerawat.

Selain itu, air mawar juga membantu mencerahkan kulit dan mengurangi bekas jerawat karena kandungannya yang dapat meningkatkan produksi kolagen.

3. Lidah Buaya

Gel lidah buaya mengandung polifenol yang berfungsi membasmi jerawat. Oleskan gel lidah buaya pada jerawat yang meradang dan diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

BACA JUGA:Selain Mengatasi Jerawat dan Mencegah Penuaan, Ini Manfaat Lain Kacang Hijau untuk Kesehatan dan Kecantikan

BACA JUGA:Jerawat Hilang wajah Jadi Awet Muda! Rasakan 7 Manfaat dari Masker Kopi, Ini Cara Menggunakannya

4. Bawang Putih

Bawang putih mengandung sulfur yang mampu mengatasi jerawat dengan cepat. Iris bawang putih, tempelkan pada jerawat, dan diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air. Jika kulitmu terasa iritasi, segera hentikan penggunaannya.

5. Ketimun

Ketimun kaya akan air dan antioksidan yang bisa membantu mengurangi bengkak dan meredakan peradangan akibat jerawat. Potong atau haluskan ketimun, lalu aplikasikan ke seluruh wajah untuk sensasi dingin yang menenangkan.

6. Madu

Madu memiliki sifat antibakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Oleskan madu pada jerawat dan diamkan selama 15 menit sebelum membilasnya. Hindari penggunaan pada jerawat yang sudah pecah.

Sumber: