Demi Keselamatan, DLHK Ubah Jam Kerja Petugas Kebersihan

Demi Keselamatan, DLHK Ubah Jam Kerja Petugas Kebersihan

KOTA MANNA – Sebagai bentuk antisipasi tindak kriminalitas dan kekerasan terhadap petugas kebersihan dilapangan sekaligus juga diharapkan dapat meningkatkan kinerja petugas, pihak Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Bengkulu Selatan (BS) kembali melakukan perubahan jam kerja bagi petugas kebersihan.

Perubahan jam kerja ini juga untuk meningkatkan kinerja, kedisiplinan serta keselamatan kerja para petugas kebersihan di bawah naungan DLHK BS. Pihak DLHK melakukan perubahan jam kerja bagi penyapu jalan, terutama untuk lokasi-lokasi dianggap rawan kejahatan. Hal ini salah satunya guna mengantisipasi kejahatan terhadap para petugas perempuan.

“Untuk petugas kebersihan kurang lebih ada 200-an petugas penyapu jalan umumnya kaum perempuan. Nah untuk mengantisipasi aksi kejahatan, terutama lokasi yang sepi, maka dilakukan perubahan jadwal kerja mereka. Hal ini sekaligus untuk pendisiplinan kerja di lapangan. Selain itu perubahan jadwal ini sebagai antisipasi karena beberapa hari lalu sempat terjadi aksi kejahatan terhadap petugas dilapangan,” ujar Kepala DLHK BS Ir H.Jonior Hafis MP.

Dikatakan Jonior, untuk lokasi sepi atau rawan kejahatan juga diimbau bagi petugas untuk tidak bekerja sendirian atau didampingi keluarga. Untuk jadwal telah dilakukan perubahan yakni untuk pagi yang biasanya dimulai pukul 06.00 WIB sampai dengan pukul 08.00 WIB menjadi pukul 08.00 WIB sampai pukul 10.00 WIB.

Sedangkan sore hari yang selama ini pukul 16.00 WIB sampai dengan pukul 18.00 WIB diganti pukul 14.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB. “Dengan dilakukan perubahan jadwal petugas ini bertujuan demi kenyamanan para petugas di lapangan dalam bekerja, terlebih petugas penyapu rerata kaum perempuan,” pungkas Jonior.(one)

Sumber: