Lama Tak Dipanggil, Peserta Vaksin Pilih Pulang ; Warga Pd Manis Diminta Balik Kanan

Lama Tak Dipanggil, Peserta Vaksin Pilih Pulang ; Warga Pd Manis Diminta Balik Kanan

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Bengkulu Selatan (BS), semakin gencar dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) BS, melalui Puskesmas di setiap kecamatan. Kemarin, (4/11), vaksinasi salah satunya digelar di Kantor Lurah Kayu Kunyit Kecamatan Manna.

Hanya saja, lokasi vaksinasi yang hanya di satu titik membuat ratusan warga menumpuk. Tak ada lagi jarak. Tenda terpal yang disiapkan petugas tak mampu menampung banyaknya warga. Bahkan peserta vaksin yang sudah mendaftar memilih pulang lebih awal lantaran hingga siang hari namanya tak kunjung dipanggil-panggil petugas.

“Perang urat syaraf” pun terlihat sering terjadi. Misalnya ketika salah seorang warga mencoba mengecek apakah fotokopi KTP, yang menjadi syarat pendaftaran, masih ada tidak di meja pendaftaran. Hal ini cukup beralasan karena ia curiga ada warga yang datang setelahnya justru sudah dipanggil petugas.

“Saya minta menjauh dulu dari meja. Tolong pak. Kami sudah sabar dari tadi. Kami ini bisa juga emosi,” ujar salah seorang petugas. “Saya minta semuanya tenang dan sabar. Tolong jaga jarak dan pakai masker. Saya pastikan yang sudah mendaftar dipanggil. Saat ini, memang lansia dan ibu hamil kami dulukan untuk divaksin,” sambung Plt Lurah Kayu Kunyit, Hafizul melalui pengeras suara.

Kepada Rasel, Hafizul menyebut, pelaksanaan vaksin melibatkan Puskesmas Kayu Kunyit. Hingga pukul 13.15 WIB, sudah 250 lebih warga yang divaksin Sinovac. Sejak awal pihaknya menyiapkan dua titik lokasi guna menghindari antrean panjang dan kerumunan. Yakni Kantor Lurah, dan salah satu sekolah di lingkungan Perumnas Kayu Kunyit.

Namun, karena aktivitas sekolah pagi masih berlangsung, akhirnya vaksinasi hanya di Kantor Lurah. Tak hanya warga Kelurahan Kayu Kunyit, beberapa warga desa tetangga juga datang untuk mendapatkan vaksinasi sehingga kerumunan tak terelakan.

“Awalnya vaksin hari ini (kemarin) untuk warga Kelurahan Kayu Kunyit. Tapi tidak mungkin kami tolak jika ada warga lain datang. Misalnya ada warga Desa Padang Manis. Tapi tadi, Pak Kadesnya yang langsung datang ke sini dan meminta warganya pulang karena besok (hari ini) Padang Manis menggelar vaksin,” jelas Hafizul seraya menambahkan, vaksinasi selanjutnya akan dikoordinasikan dengan Dinkes.

Camat Manna, Turman menambahkan, vaksinasi di wilayah kerjanya sudah dilaksanakan. Namun, Turman tak tahu sudah berapa persen warga yang sudah mendapatkan vaksin dosis pertama maupun dosis kedua. “Besok (hari ini), Desa Manggul dan Padang Manis. Sisanya, sudah semua,” pungkas Turman. (and)

Sumber: