Angka Kriminal di Bengkulu Selatan Meningkat

Angka Kriminal di Bengkulu Selatan Meningkat

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Angka kriminalitas dan penyalahgunaan obat jenis pil Samcodin masih marak di wilayah Bengkulu Selatan. Hal itu terungkap dalam press release akhir tahun yang dilaksanakan Polres BS, Rabu (29/12/2021).

Sepanjang tahun 2021 ada 394 kasus atau laporan tindak pidana, naik cukup tinggi dibanding tahun 2020 yang hanya 293 kasus.

“Crime total tahun 2021 sebanyak 394 dengan crime clearance 222. Jumlahnya memang meningkat dibanding tahun 2020. Untuk perkara yang belum diselesaikan atau belum terungkap akan dilanjutkan tahun depan,” kata Wakapolres BS, AKP Dista, SIK didampingi Kasat Reskrim, Iptu Gajendra Harbiandri, STK, SIK, MH.

Sepanjang tahun 2021, tren kejahatan masih didominasi dengan kriminal umum, seperti pencurian dengan pemberatan (curat), pencurian kendaraan bermotor (curanmor), pencurian dengan kekerasan (curas), KDRT, dan pengeroyokan.

Sementara untuk penanganan kasus narkoba, Polres BS mengungkap sebanyak 20 kasus sepanjang tahun 2021 dengan total 21 tersangka. Barang bukti yang berhasil disita sebanyak 2,19 gram sabu-sabu, ganja 46,91 gram, dan pil samcodin sebanyak 50 ribu butir.

“Untuk Kamtibcar Lantas, sepanjang tahun 2021 kecelakaan lalu lintas terjadi 47 kali dengan total korban meninggal dunia 25 orang, luka berat 31 orang, dan luka ringan 30 orang. Sementara pelanggaran lalu lintas ada 818 tilang dan 389 teguran,” ujar Wakapolres.

Sementara penanganan perkara Tipikor, Polres BS tahun ini menetapkan dua tersangka dalam perkaraan dugaan korupsi proyek DAK SMKN 5 BS. Perkara tersebut merugikan negara diatas Rp 500 juta, kedua tersangka sudah resmi ditahan.

“Mengenai penyelamatan uang negara, memang ada pengembalian uang negara dari Desa Jeranglah Tinggi yang jumlahnya sekitar Rp 1 miliar. Namun itu masih proses penyelidikan, dan itu hasil audit APIP,” imbuh Kasat Reskrim.

Selain penanganan perkara kriminalitas dan lalu lintas, Polres BS juga melakukan kegiatan sosial, seperti program bedah rumah, pembagian sembako, dan vaksinasi Covid-19. Sepanjang tahun 2021 Polres BS terus intens melakukan vaksin, tak heran capaian vaksin Polres BS tertinggi se Provinsi Bengkulu. (yoh)

Sumber: