Diinstruksi Bupati Berhenti, PT FBA Masih Beraktivitas

Diinstruksi Bupati Berhenti, PT FBA Masih Beraktivitas

RASELNEWS.COM, SELUMA - Kades Pasar Seluma Hertoni mengatakan PT. Faminglevto Bakti Abadi (FBA) belum menghentikan aktivitasnya di lokasi penambangan pasir besi. Padahal Bupati sudah meminta pihak perusahaan menghentikan kegiatan atas desakan masyarakat kawasan pesisir barat Pantai Seluma.

"Kami sangat menyayangkan pihak perusahaan tambang masih beraktivitas. Padahal Bupati sudah meminta agar perusahaan tambang itu berhenti beroperasi. Tapi sampai hari ini (kemarin) masih tetap beroperasi. Berarti keputusan Bupati Seluma tidak berlaku,” tegas Hertoni kepada Rasel.

Kades mengaku masyarakat kawasan pesisir barat Pantai Seluma tetap akan menolak semua bentuk penambangan. Termasuk tambang pasir karena dinilai dapat merugikan masyarakat.

"Apapun yang terjadi, kami masyarakat di kawasan pesisir tetap akan menolak. Kami tidak bersedia ada penambangan pasir besi. Karena hal itu akan menganggu ekosistem. Termasuk mengancam kehidupan masyarakat di pesisir pantai," ujar Hertoni.

Terpisah, Kuasa Hukum PT. FBA Dr. Husni Thamrin, MH, mengaku pihaknya tidak bisa memberikan komentar terlalu banyak. Namun dirinya mengatakan sehari setelah aksi demo warga, manajemen PT. FBA dan Kantor Sekretariat Presiden (KSP) melakukan rapat bersama.

"Kami sudah rapat bersama sehari setelah demo digelar. Kami sebagai pihak tambang dilarang berkomentar banyak. Karena saat ini semuanya sudah diambil alih oleh pemerintah,” pungkas Husni. (rwf)

Sumber: