Atap Beterbangan, Kayu Mulai Berjatuhan ; TPI Pasar Bawah Tak Lagi Aman

Atap Beterbangan, Kayu Mulai Berjatuhan ; TPI Pasar Bawah Tak Lagi Aman

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Kerusakan bangunan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pasar Bawah, Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) semakin memprihatinkan. Hampir setiap hari, kayu penyanggah atap yang sudah lapuk runtuh. Penjual dan pembeli ikan yang sedang bertransaksi merasa tidak nyaman karena khawatir ditimpa bangunan yang ambruk.

“Beginilah kondisi TPI ini pak, rusak parah. Setiap hari selalu ada kayu yang jatuh. Seperti kemarin (Minggu, 27/3) dua kali kayu jatuh dan nyaris menimpa orang yang sedang beli ikan,” kata salah seorang pedagang ikan di TPI Pasar Bawah kepada rombongan anggota DPRD dan Kepala Dinas Perikanan BS yang meninjau TPI, Senin (29/3/2022).

Kondisi itu semakin diperparah dengan kondisi angin di tepi pantai yang bertiup kencang. Atap beterbangan dan kayu berjatuhan. Karena sudah banyak atap yang lepas, TPI Pasar Bawah tidak bisa lagi ditempati jika sedang hujan, hampir setiap sudut bocor.

“Kalau hujan, tidak bisa lagi berjualan ikan di sini, soalnya bocor semua. Sudah banyak atap yang terlepas, atap yang masih terpasang juga sudah bocor. Kondisi ini sangat memprihatinkan pak,” keluh para pedagang ikan.

Ketua Komisi II DPRD BS, Dodi Martian, S. Hut MM mengatakan, pihaknya akan berusaha memperjuangkan perbaikan TPI Pasar Bawah. Sebab bangunan tersebut merupakan kebutuhan masyarakat yang harus diprioritaskan.

“Memang kerusakan bangunan TPI ini sudah cukup lama, saya juga sudah sering menerima aspirasi masyarakat yang meminta perbaikan. Mudah-mudahan semua pihak bisa berpikir sama, sehingga perbaikan TPI Pasar Bawah ini menjadi prioritas utama,” kata Dodi.

Kepala Dinas Perikanan BS, Santono, M.Pd mengatakan, rehab TPI  belum terakomodir dalam perencanaan APBD bahkan hingga tahun 2023. Namun pihaknya akan memperjuangkan perbaikan sesegera mungkin.

Pihaknya sudah mendapat signal perbaikan TPI  akan disuport APBD Provinsi Bengkulu. Dinas Perikanan pun segera membuat proposal usulan perbaikan TPI. “Mudah-mudahan tahun depan anggaran perbaikan TPI Pasar Bawah bisa diakomodir,” jelas Santono. (yoh)

Sumber: