Disdukcapil Jemput Bola Rekam Data Penyandang Disabilitas

Disdukcapil Jemput Bola Rekam Data Penyandang Disabilitas

RASELNEWS.COM, KAUR - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kaur, melakukan jemput bola rekam data kependudukan bagi penyandang disabilitas.

Meskipun proses rekam data dilakukan di kantor Disdukcapil Kaur, penyandang disabilitas dijemput dan diantar langsung oleh petugas.

“Ada lebih 10 penyandang disabilitas yang kita antar jemput tadi. Program ini akan kita teruskan hingga seluruh penyandang disabilitas selesai direkam,” kata Plt Kepala Disdukcapil Kaur H. Riskan Efendi, SE, MM.

Disampaikannya, kegiatan ini serentak dilakukan di Pulau Sumatera sebagai peluncuran bergerak bersama untuk jemput bola dengan target 100 persen penyandang disabilitas mendapatkan dokumen kependudukan. Kegiatan juga didukung Dinas Sosial hingga komunitas penyandang disabilitas.

"Jadi bila masih ada (penyandang disabilitas) yang belum punya dokumen kependudukan, hubungi Disdukcapil. Nanti akan langsung jemput bola. Jangan ragu dan sungkan, semua gratis tidak dipungut biaya," imbuh Riskan.

Di Kaur, jumlah penyandang disabilitas yang belum memiliki administrasi kependudukan (Adminduk) diklaim Riskan sudah tidak terlalu banyak. Hanya beberapa warga yang belum menerima KTP maupun Kartu Identitas Anak (KIA).

Dalam menerbitkan KTP dan KIA penyandang disabilitas, memerlukan waktu yang cukup lama jika dibanding KTP masyarakat umum lainnya.

"Bahkan satu orang bisa lebih dari 15 menit. Seperti ketika diambil foto matanya tidak bisa diam atau tidak bisa duduk terlalu lama. Harus dibujuk untuk foto saja bisa 20-30 menit, ini adalah kendala agar lebih sabar dan humanis," terang Riskan.

Ia juga mengungkapkan jika dalam bentuk fisik tidak ada perbedaan antara KTP milik orang yang berkebutuhan khusus dengan orang normal.

“Tidak ada perbedaan antara KTP milik masyarakat umum lainnya dengan disabilitas. Hanya saja dalam biodata ini yang hanya dimiliki kami dan server pusat yang berbeda. Secara fisik tetap sama,” tutupnya. (jul)

Sumber: