Jepang Mulai Perkenalkan Mobil Tanpa Bahan Bakar Bensin dan Listrik

Jepang Mulai Perkenalkan Mobil Tanpa Bahan Bakar Bensin dan Listrik

Kendaraan tampa Bensin dan Tampa Listrik-istimewa-tangkapan layar Otomotif terbaru

RASELNEWS.COM - Saat ini, banyak pabrikan otomotif di seluruh dunia tengah berlomba-lomba mengembangkan berbagai varian mobil listrik, termasuk SUV dan model lainnya.

Namun Jepang justru baru saja memperkenalkan teknologi yang tidak bergantung pada bensin ataupun listrik, melainkan Hidrogen.  

BACA JUGA:Yamaha NMax 160 2024 Hadir 2 Tipe, Desain Sporty dan Elegan, Lampu Depan Lebih Tajam

Alasan ini lantaran pabrikan otomotif di Eropa berlomba-lomba merilis produk mobil masa depan yang bebas emisi dengan kendaraan listrik.

Hanya saja Pabrikan Jepang malah lebih percaya pada kendaraan hidrogen atau Full Cell Electric (FCEV).

Salah satu motivasi utama bagi pabrikan otomotif Jepang untuk mengembangkan kendaraan bertenaga hidrogen berasal dari dukungan pemerintah Jepang sendiri.

Pemerintah Jepang, melalui Badan Energi dan Sumber Daya Alam, telah mengadvokasi peningkatan penggunaan kendaraan bebas emisi.

BACA JUGA:Jupiter Bangkit, Motor Bebek Yamaha Ini Tampil Lebih Langsing, BBM Lebih Irit Dari Honda Beat, Harga 15 Jutaan

Jepang bahkan menjadi negara pertama yang merancang Strategi Nasional Hidrogen pada tahun 2017.

Kendaraan hidrogen menggunakan sel bahan bakar untuk mengonversi hidrogen menjadi listrik, dengan satu-satunya limbahnya adalah air yang bersih.

Dalam hal emisi, kendaraan hidrogen memiliki tingkat emisi yang sangat rendah, sebanding dengan mobil listrik.

Banyak ahli meyakini bahwa kendaraan hidrogen memainkan peran kunci dalam mewujudkan industri otomotif yang bebas emisi.

Untuk menyimpan bahan bakar hidrogen, digunakan tangki bertekanan tinggi, dan hidrogen disimpan dalam bentuk gas daripada cair.

BACA JUGA:Informasi Mobil Baru Toyota Bocor, Toyota Siapkan Land Hopper Terbaru, Raja Mobil Sport 2025

Sumber: