Berendau Kutau Dicanangkan Jadi Pusat Kuliner Lemang Tapai di Bengkulu Selatan

Berendau Kutau Dicanangkan Jadi Pusat Kuliner Lemang Tapai di Bengkulu Selatan

Berendau Kutau Bengkulu Selatan-istimewa-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Selain direncanakan menjadi pusat belanja oleh-oleh, Pemda BENGKULU SELATAN juga berencana menjadikan Berendau Kutau sebagai pusat kuliner lemang tapai.

Sejak dahulu, BENGKULU SELATAN memiliki kuliner khas yakni lemang tapai yang berpusat di kawasan Kecamatan Pino. Di sana tersedia pasar kuliner lemang tapai yang dibuka setiap hari Rabu malam Kamis.

BACA JUGA:Lezat dan Nikmat! Kuliner Lemang Tapai Mampu Dongkrak Perekonomian Masyarakat Bengkulu Selatan

Dengan demikian, potensi perputaran perekonomian di pasar kuliner tersebut sejauh ini cukup menjanjikan.

Sadar akan hal tersebut, Pemda Bengkulu Selatan berencana menjadikan Berendau Kutau sebagai pusat kuliner lemang tapai.

Kepala Dinas Perdagangan Bengkulu Selatan, Binagransyah, mengungkapkan bahwa ke depannya, Pemkab merancang Berendau Kutau ini sebagai pusat kuliner lokal dengan jadwal yang bergantian dan buka siang malam.

BACA JUGA:Bali Versi Bengkulu, Pantainya Indah dan Banyak Kuliner Khas, Ini Nama Daerahnya

Selain lemang tapai, pusat kuliner juga akan menyediakan kuliner khas daerah lainnya, seperti bai tat, perutalam, dan lain sebagainya.

"Rencananya, kalau di malam kamis itu ada lemang tapai di masat, mungkin nanti akan kita alihkan di sini, jadi malam kamis itu di masat dan malam minggunya ada di Berendau Kutau," sebut Binagransyah.

Meski demikian, Pemkab Bengkulu Selatan belum bisa memastikan kapan pusat kuliner di Berendau Kutau tersebut akan mulai dibuka, karena saat ini masih dalam tahap perencanaan.

BACA JUGA:Kuliner Kerupuk Gurita Asal Kaur Rambah Pasar Malaysia dan Hongkong, Kerjasama Segara Berjalan

"Nanti itu adalah pusat-pusat UMKM kumpul di situ (Berendau Kutau) untuk pemasaran produk UMKM lokal di Kabupaten Bengkulu Selatan," kata Binagransyah. (cw1)

Sumber: