Nike dan Adidas Terancam! Sepatu Basket Asal China Mulai Mendominasi di NBA

Nike dan Adidas Terancam! Sepatu Basket Asal China Mulai Mendominasi di NBA

Sepatu Basket Asal China Mulai Mendominasi di NBA-istimewa-raselnews.com

RASELNEWS.COM - Dari dulu, mungkin kita lebih sering melihat para pemain NBA mengenakan sepatu merek-merek ternama dan bergengsi dari Amerika, seperti Nike dan Adidas.

Namun, seiring waktu, semakin banyak pemain NBA, baik yang biasa-biasa saja hingga bintang top, yang lebih memilih menggunakan sepatu basket asal China.

Tren ini menunjukkan bahwa merek-merek sepatu Tiongkok mungkin akan mendominasi NBA dalam waktu dekat.

BACA JUGA:Cara Cepat dan Efektif Membersihkan Sepatu Putih Kotor Saat Musim Hujan

Para pemain NBA adalah kumpulan atlet basket terbaik dunia, sehingga wajar jika mereka dengan mudah mendapatkan kontrak sepatu dari berbagai merek terkenal.

Umumnya, mereka bekerjasama dengan merek besar Amerika seperti Nike, Adidas, New Balance, Under Armour, Puma, Reebok, dan Converse.

Namun, ada juga pemain yang memilih menggunakan sepatu dari Tiongkok. Menurut ESPN, sejak awal tahun 2000-an, lebih dari 50 pemain NBA telah menandatangani kontrak dengan merek sepatu Tiongkok. Tren ini tampaknya akan terus berkembang dalam beberapa tahun mendatang.

BACA JUGA:4 Sepatu Putih Wanita Terbaru dari Brand Terkenal yang Lagi Trend

Bagaimana bisa sampai ke titik ini? perlu diketahui bagaimana perusahaan sepatu Tiongkok berhasil menarik perhatian para pemain NBA.

Hanya sedikit pemain yang berhasil mendapatkan sepatu signature mereka sendiri, biasanya hanya bintang-bintang NBA terhebat seperti Michael Jordan, Kobe Bryant, LeBron James, dan Dwyane Wade.

Ketiga nama pertama tersebut berhasil membantu Nike menjadi salah satu brand terkuat di NBA, tetapi Wade adalah cerita lain.

Wade memulai kariernya dengan Converse dan merilis lima sepatu signature. Namun, setelah tidak puas dengan desain sepatu terakhirnya, Wade meninggalkan Converse dan bergabung dengan brand Jordan.

BACA JUGA:Banyak Yang Belum tahu! Lima Manfaat Kembang Sepatu Bagi Kesehatan Rambut Dan Cara Menggunakannya

Pada 2012, Wade mengejutkan banyak pihak dengan menandatangani kontrak dengan Li-Ning, sebuah merek sepatu Tiongkok yang kala itu masih asing di telinga banyak orang.

Meski sempat dipertanyakan, enam tahun kemudian keputusan Wade terbukti tepat. Ia menjelaskan bahwa bergabung dengan Li-Ning memberinya kebebasan untuk merancang sepatu signature-nya sendiri, sesuatu yang tidak ia dapatkan di Jordan.

Keputusan Wade ini membuka jalan bagi pemain NBA lain untuk mulai menggunakan sepatu Tiongkok. Contohnya adalah Klay Thompson yang bergabung dengan Anta, serta Gordon Hayward dan Kyrie Irving yang juga menandatangani kontrak dengan Anta.

BACA JUGA:Viral Video Karyawan Pabrik Sepatu Digerebek Satpam Saat Berduaan di Kamar Mandi

Selain itu, Jimmy Butler, CJ McCollum, D'Angelo Russell, dan Fred VanVleet bergabung dengan Li-Ning, sementara Aaron Gordon dan Karl-Anthony Towns bergabung dengan 361 Degrees.

Contoh nyata dari pengaruh sepatu Tiongkok bisa dilihat pada musim 2023, ketika tidak satu pun dari lima pemain yang membawa Denver Nuggets menjadi juara NBA menggunakan merek-merek besar Amerika seperti Nike atau Adidas. Tiga dari mereka malah menggunakan sepatu 361 Degrees.

Merek-merek sepatu Tiongkok ini tidak hanya menawarkan sepatu dengan harga lebih terjangkau, tetapi juga teknologi yang modern dan desain inovatif.

Sumber: