Optimalisasi Irigasi Hingga Jaringan Perpipaan PDAM

Optimalisasi Irigasi Hingga Jaringan Perpipaan PDAM

Bupati Bengkulu Selatan Kunjungi Balai Wilayah Sungai--

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Untuk memastikan beberapa proyek pembangunan infrastruktur fisik yang ada, Bupati BS Gusnan Mulyadi mengunjungi Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera VII Kementerian PUPR RI. Kunjungan sekaligus audiensi untuk meminta dukungan terkait kepastian penuntasan pembangunan yang ada di BS.

Bupati BS Gusnan Mulyadi mengatakan beberapa program pembangunan yang diminta dukungannya ke BWS VII. Di antaranya penuntasan optimalisasi jaringan irigasi Seginim dan Air Nipis, penataan kawasan Tebat Gelumpai, intake air baku untuk pasokan air bersih di kawasan Pintu Langit Desa Tebat Kubu dan normalisasi pantai-pantai kritis yang ada di Bengkulu Selatan terutama di Pantai Pasar Bawah Kecamatan Pasar Manna.

"Ya, kembali kami minta dukungan dari Kementerian PUPR melalui BWS Sumatera VII. Kami minta beberapa pembangunan yang ada di BS bisa dituntaskan paling tidak hingga tahun 2023 mendatang," kata Gusnan.

Disampaikan Gusnan, ada empat program pembangunan yang disampaikan ke BWS Sumatera VII tersebut. Di antaranya revitalisasi Tebat Gelumpai yang ditargetkan tuntas di tahun 2023. Rehabilitasi Tebat Gelumpai ini tidak lain untuk pengembangan kawasan wisata baru, resapan air tanah dan pengairan sawah.

Kemudian normalisasi irigasi di Air Nipis yang bertujuan untuk mendukung rencana tanam tiga kali dalam satu tahun. Selain itu juga kepastian program Makmur dalam bingkai food estate yang juga diharapkan tuntas di tahun 2023.

Lalu, penanganan pantai kritis, yang dimulai dari Pantai Pasar Bawah sampai Pantai Muara Kedurang. Terkhusus pembangunan pemecah gelombang di Pasar Bawah, akan segera review perencanaan tahun ini dan tahun depan. Terakhir pembangunan intake dan jaringan perpipaan untuk air baku dari Batu Balai Kecamatan Air Nipis ke Pintu Langit-Masat Kecamatan Pino. Ini merupakan langkah agar sumber air minum PDAM Tirta Manna terus lancar.

Saat ini pembangunan intake jaringan perpipaan PADM, tinggal proses izin pemanfaatan hutan yang sedang dikerjakan. “Alhamdulillah BWS VII siap melanjutkan empat proyek pembangunan tersebut. Mudah-mudahan dengan selesainya pembangunan itu nantinya, dapat bermanfaat bagi masyarakat yang ada,” demikian Gusnan. (one)

Sumber: