Ini Cara DWP dan Pemkab Kaur Lestarikan Batik, Keren...

Ini Cara DWP dan Pemkab Kaur Lestarikan Batik, Keren...

FASHION SHOW: Lomba fashion show yang digelar DPW Kaur di Gedung Serba Guna (GSG) Pemkab Kaur, kemarin -julianto-raselnews.com

KAUR, RASELNEWS.COM - Dalam upaya promosi dan pelestarian kesenian dan kebudayaan di Kaur, Dharma Wanita Persatuan (DWP) dan OPD lingkungan Pemkab Kaur menggelar lomba Fashion Show Batik Kaur, Kamis (6/10/2022).

Kegiatan digelar di Gedung Serba Guna (GSG) ini diikuti puluhan peserta yang dibuka Pembina DWP Kaur Hj. Ely Azisti Lismidianto.

“Kegiatan pelestarian kearifan lokal Batik melalui lomba fashion show Batik khas Kaur merupakan terobosan yang dilakukan DWP,” terang Hj. Ely.

Setiap daerah memiliki kekhasan yang dapat disatukan dengan Batik. Walau berbeda corak, motif atau warna dapat disatukan melalui kesamaan produk budaya yang disebut Batik.

Semua orang bisa menikmati dan mengapresiasi Batik sebagai budaya daerah yang menjadi budaya bangsa dengan rasa bangga dan saling menghargai. Batik dinilai bisa meningkatkan rasa cinta dan bangga masyarakat terhadap budaya Indonesia.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan ibu-ibu dapat mengenakan Batik, bukan hanya sebagai pakaian untuk mempercantik diri, tapi sebagai salah satu warisan budaya. Ajarkanlah kepada anak-anak kita sebagai generasi penerus untuk mencintai budaya agar tetap terjaga,” harap Hj. Ely.

Sementara itu, Ketua DWP Kaur Ny. Elda Ersan Syahfiri menyampaikan lomba fashion show Batik ini digelar dalam rangka memperingatai Hari Batik Nasional.

Selain itu guna menanamkan rasa kebangsaan dan cinta tanah air. “Harapan kami, fashion show dapat melestarikan Batik dan dapat menggali potensi minat dan bakat para Anggota DWP,” harapnya. (jul)

Sumber: