Program Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem di Seluma Hampir Tuntas

Program Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem di Seluma Hampir Tuntas

Ilustrasi angka kemiskinan-DOK-raselnews.com

SELUMA, RASELNEWS.COM - Program Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem (PKE) berupa infrastruktur berbasis masyarakat dan penyediaan perumahan di Kabupaten Seluma saat ini sudah 80 persen.

Program Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem sendiri merupakan program dari  Kementerian PUPR dengan pananganan secara swadaya sebanyak 603 unit rumah yang tersebar di beberapa kacamatan di Kabupaten Seluma.

“Untuk realisasi di tahun 2022 sudah hampir terselesaikan. Sekarang tinggal finishing saja,” ujar Kepala Dinas Perumahan dan kawasan Pemukiman Seluma, Erlan Suhadi.

Dijelaskan, program PKE berupa peningkatan infrastruktur berbasis masyarakat yang meliputi penyediaan air minum dan sanitasi, pengembangan infrastruktur sosial ekonomi wilayah, dan kota tanpa kumuh.

Kemudian juga peran serta dari dinas PUPR dan Dinas Kesehatan Seluma dalam bentuk upaya penanganan stunting. 

“Jadi bukan hanya Dinas Perkim saja, OPD lain ikut serta juga dalam PKE ini. Seperti PUPR, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial serta dinas lainnya," tegasnya.

Desa yang harus di lakukan PKE ini ada di beberapa kecamatan. Seperti Kecamatan Seluma Utara ada dua desa yakni Selinsingan dan Talang Beringin.

Kecamatan Lubuk Sandi yakni Desa Cawang dan Desa Dusun Tengah. Dalam program ini harus dilakukan penanganan secara bersama. Seperti pembuatan sanitasi dan fasilitas mendukung lainnya.

“Bukan hanya jalan namun kebersihan lingkungan dan perumahan inilah menjadi catatan PKE ini termasuk dalam penanganan stunting," pungkasnya

Untuk PKE sendiri anggarannya bersumber dari Kementrian PUPR. Namun di dalam dana alokasi khusus (DAK) juga terdapat anggaran untuk program bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS)  sebanyak 768 unit serta yang diperuntukkan bagi warga Seluma yang tidak mampu. Kemudian dikerjakan secara swadaya serta saat ini sudah hampir rampung. (rwf)

Sumber: kepala dinas pupr seluma