Bansos PKH dan BPNT 2023 Cair, Mensos: Penyaluran Melalui Bank dan PT Pos

Bansos PKH dan BPNT 2023 Cair, Mensos: Penyaluran Melalui Bank dan PT Pos

Kemensos Ubah Skema Penyaluran Bansos PKH Tahap 3 dan 4 2023-istimewa-kemensos.go.id

JAKARTA, RASELNEWS.COM - Kemensos RI memastikan penyaluran bantuan sosial (bansos) program Keluarga Harapan (PKH), dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) melalui  Himpunan Bank Negara (Himbara) dan PT Pos Indonesia, dan tidak lagi melalui e-Warung.

BACA JUGA:Kabar Baik! Bansos BPNT di Seluma Menyasar 13.378 Rumah Tangga, Penyaluran Lewat Kantor Pos dan BRI

Dari informasi, penyaluran bansos ini akan dilakukan para bulan Ini atau Maret 2023. Setiap keluarga penerima manfaat (KPM) akan menerima Rp600 ribu untuk periode Januari, Februari, dan Maret 2023.

Menteri Sosial, Tri Rismaharini memastikan skema penyaluran bansos melalui Bank dan PT Pos ini sudah disepakati antara Kemensos dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

BACA JUGA:Data Penerima Bansos Kembali Divalidasi, Operator Desa Harus Jujur

Dari konferensi pers yang berlangsung di Kantor Kemensos Kamis (2/3/2023), Risma menegaskan, Penyaluran melalui bank bertujuan untuk meningkatkan financial inclusion atau keuangan inklusif bagi masyarakat.

BACA JUGA:Yess!! 7 Bansos ini Segera Cair, Cek Namamu dan Dapatkan Bantuan Rp200.000 hingga Rp4,2 Juta

“Jadi kami sudah menyepakati itu. Semula di bank, kemudian jika beberapa hari tidak diambil maka penyalurannya itu melalui PT Pos,” kata Mensos dalam konferensi pers sebagai dilansir dalam website Kemensos.go.id.

BACA JUGA:Kartu Prakerja 2023 Sediakan Bansos Rp4.2 Juta, Simak Cara Daftar Agar Lolos

Risma menambahkan, penyaluran bansos melalui bank sebagai upaya menyediakan akses berbagai produk finansial kepada masyarakat secara luas, termasuk kelompok masyarakat rentan, berpenghasilan rendah dan penyandang disabilitas.

BACA JUGA:BLT Anak Usia 0-6 Tahun, Ingin Dapat? Penuhi Syarat Ini, Pemerintah Siapkan Dana Bansos Rp470 Triliun

Ia pun memastikan BPNT/sembako tidak lagi melalui e-warung. Kebijakan ini diambil atas hasil evaluasi dan rekomendasi Komisi VIII DPR RI.

“Kita tidak menggunakan e-warung lagi . Ini menyikapi dari Perpres Nomor 63 tahun 2017," ujar Risma.

BACA JUGA:Ingat, Pemerintah Sudah Siapkan Dana Rp470 Triliun untuk Bansos, Segera Lengkapi Syarat Ini

Sementara itu Wamen BUMN, Kartika Wirjoatmodjo mengatakan penyaluran secara cash mempermudah masyarakat dalam memanfaatkan bantuan.

Sumber: