Peserta Seleksi II PPPK Guru Bisa Menggunakan Nilai Sebelumnya, Tapi…

Jumat 12-11-2021,11:00 WIB
Reporter : rasel03
Editor : rasel03

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN – Pendaftaran seleksi kompetensi tahap II Calon Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guru, dimulai 15-19 November ini. Yang perlu diketahui, peserta yang tidak lolos tahap sebelumnya bisa menggunakan nilai sebelumnya dengan syarat harus registrasi akun dan reset formasi.

Tapi, untuk menggunakan nilai seleksi sebelumnya sebagai nilai yang dipilih dalam tes. Jenjang dan mata pelajaran yang dipilih peserta harus linier dengan pendaftaran sebelumnya. Jika tidak, peserta dianggap tidak mengikuti seleksi dan dipastikan gagal menjadi ASN PPPK guru.

Peserta juga boleh memilih nilai sebelumnya untuk dijadikan acuan kelulusan apabila pada nilai seleksi tahap II, jauh dibawah nilai tes tahap pertama.

“Memang boleh pakai nilai sebelumnya, itu jika peserta yakin nilai tersebut sudah tinggi atau lolos Passing Grade (PG). Jika nilainya rendah namun masih tetap ingin mengandalkan nilai itu, tentu tidak akan memberikan kelulusan,” ujar Plt. Kabid PTK Dinas Dikbud Bengkulu Selatan (BS), Herwan Anwar, S.IP.

Dijelaskan Herwan, meski kebijakan pusat telah mengizinkan bahwa peserta bisa menggunakan nilai sebelumnya sebagai hasil akhir dalam tes tahap II ini, bukan berarti peserta harus lenggang kaki atau bersantai. Peserta seharusnya lebih gesit dan memaksimalkan peluang kedua ini untuk menjadi ASN PPPK guru.

“Dari kami terus terang tidak menyarankan peserta untuk tetap mengandalkan nilai pertama. Ikuti dulu tes kedua dan maksimalkan prosesnya. Kalau nanti hasil tes kedua ini baik dan peserta lolos PG, Insya Allah bisa diangkat,” sambung Herwan.

Sementara untuk soal tes, dia menyebut pada seleksi kompetensi tahap dua nantinya soal yang dipakai jauh beda dengan soal sebelumnya. Ini sengaja diterapkan pusat untuk memaksimalkan pelaksanaan tes yang memenuhi standar.

“Soalnya pasti beda. Tapi komposisinya tetap mirip dengan soal seleksi tahap satu. Dimana ada seleksi kompertensi teknis, seleksi manajerial, seleksi sosiokultural serta wawancara,” beber Herwan.

Tetap di Daerah

Sementara Tempat Ujian Kompetensi (TUK) Calon PPPK guru tahap dua, tetap digelar di daerah. Ini guna memudahkan para peserta menjangkau lokasi dan menghindari adanya keterlambatan. Pelaksanaan tes tahap II itu, dijadwalkan pada 6-10 Desember mendatang.

“Masih tetap di SMAN 2 Bengkulu Selatan. Menjelang hari H tes, peserta wajib mengikuti uji swab antigen di Puskesmas terdekat. Jika tidak, maka tidak bisa masuk ke ruang seleksi,” ujar Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III Manna, Diazdado Putrajaya, SE, M.Si.

Metode tes juga dilakukan secara sesi. Dalam satu ruang tes, peserta maksimal 50 orang. Bagi peserta yang mengalami kendala dan berhalangan hadir saat tes berlangsung masih bisa diberikan kesempatan tes susulan. Itupun jika alasannya jelas dan tidak menipu panitia pelaksana (pansel).

“Namun, harapan kami peserta tetap hadir tepat waktu, terapkan prokes dan mempersiapkan diri secara matang,” pungkas Diazdado. (rzn)

Tags :
Kategori :

Terkait