Dinkes Klaim Tidak Ada TGR di Proyek Fisik Tahun Ini

Senin 29-11-2021,15:15 WIB
Reporter : rasel03
Editor : rasel03

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) optimis tahun ini tidak ada temuan terutama Tuntutan Ganti Rugi (TGR) seperti tahun lalu. Sebab, pihaknya sudah meminta pihak Badan Pemeriksaan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Bengkulu untuk melakukan audit dana kegiatan.

Bahkan, pihaknya sudah menyurati BPKP Perwakilan Bengkulu untuk segera melakukan proses audit terhadap kegiatan fisik di lingkungan Dinkes BS tahun 2021 ini, agar temuan TGR tidak terulang lagi. Karena, untuk tahun 2020, mereka mengaku, ada beberapa kegiatan yang dinyatakan TGR yang totalnya mencapai Rp 2,8 miliar.

Dengan rincian, TGR pembangunan Puskesmas Lubuk Tapi senilai Rp305,7 juta, semuanya sudah dibayar 100 persen. Pembangunan gedung isolasi Rp 221, 9 juta juga sudah dibayar lunas. Kemudian, untuk ruang RITN TGR sebesar Rp2,26 miliar, juga sudah dibayar lunas oleh pihak rekanan.

Kepala Dinkes BS, Siswanto,S.Sos,MSi mengatakan tahun ini kegiatan fisik di lingkungan Dinkes BS yakni pembangunan Puskesmas Air Sulau dengan anggaran sebesar Rp6,4 miliar dan sudah berjalan 90 persen. Ia optimis pembangunan tersebut selesai tepat waktu.

Oleh karena itu, sebelum pelunasan pembayaran 100 persen, Dinkes sudah menyampaikan surat ke BPKP agar pihak auditor BPKP dapat menghitung fisik kegiatan yang ada. Dengan begitu nantinya menjadi dasar pelunasan pembayaran. "Sudah kami surati BPKP untuk menghitung fisik pembangunan, karena kami tidak mau lagi terjadi TGR seperti tahun lalu,” terang Siswanto.

Terpisah, Sekkab BS Yudi Satria mengingatkan OPD untuk lebih meningkatkan pengawasan di setiap kegiatan pembangunan, terutama kegiatan fisik agar jangan menjadi temuan hingga menyebabkan TGR sehingga menjadi salah satu penghambat Pemkab BS meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP).

“Semua yang sudah terjadi tahun lalu harus dijadikan pelajaran, kedepan jangan sampai ada pekerjaan yang menimbulkan kerugian negera, karena itu fungsi pengawasan dari OPD harus ditingkatkan,” pesan Yudi.(one)

Tags :
Kategori :

Terkait