Gokil, Pembeli HP Curian Ini Justru Diberi Uang Oleh Polisi

Kamis 03-03-2022,18:06 WIB
Reporter : rasel03
Editor : rasel03

RASELNEWS.COM - Gokil. Tim Buser Naga Polres Pangkalpinang ini justru memberikan uang kepada seorang pria yang merupakan pembeli HP curian. Personel Tim Buser Naga memberikan uang itu di kediaman Yani di kawasan Desa Trak, Kecamatan Simpang Katis, Bangka Tengah, Jumat (25/2) akhir pekan lalu.

Yani, yang berprofesi sebagai pencari ikan awalnya terkejut bukan kepalang setelah didatangi sejumlah personel Tim Buser Naga Polres Pangkalpinang.

Pasalnya, Yani yang kadang bekerja di tambang timah merasa tidak pernah melakukan tindakan pencurian atau pun tindak kejahatan lainnya. Usut punya usut, kedatangan Tim Buser Naga yang dipimpin Aipda Rudi Kiai itu untuk menjelaskan duduk perkara yang dialaminya.

Sebab, HP yang dibeli Yani melalui Forum Jual Beli Facebook baru-baru ini ternyata hasil curian. Barang bukti HP itu merupakan pengembangan tersangka kasus pencurian bernama Nursak yang sebelumnya sudah diamankan pada Minggu (27/2/2022).

Mendengar penjelasan Aipda Rudi Kiai, Yani yang masih terlihat gugup itu masih merasa tak menyangka HP yang dibelinya adalah hasil curian. Karena, Yani mengaku bahwa Hp tersebut dibelinya dari salah seorang penjual melalui Forum Jual Beli Facebook.

“Jujur pak saya tidak tahu ini batang curian, saya waktu itu lihat ada yang menjual handphone, kemudian saya beli ketemu sama orang yang menjual HP tersebut di seputaran Jembatan 12,” ungkap Yani sebagaimana dikutip Raselnews.com dari Belitongekspres.co.

Dia mengaku, HP tersebut dibelinya seharganya sekitar Rp 300 ribu. Uang itu ia kumpulkan dari hasil mencari ikan. “HP itu saya beli untuk menghubungi istri saya, karena kita hanya punya satu HP saja. Jadi kalau ada HP, saya bisa menghubungi istri saya bila saya pergi bekerja,” tutur Yani.

Usai mendengarkan keterangan Yani, akhirnya Aipda Rudi Kiai langsung memberikan penjelasan agar kedepan untuk lebih berhati-hati dalam membeli HP atau barang lainnya di Forum Jual Beli. “Harus lebih teliti, baiknya membeli di konter HP yang asal usul HP jelas serta kelengkapannya,” imbau Rudi Kiai.

Setelah menjelaskan permasalahan yang menimpa Yani, Tim Buser Naga pun akhirnya merasa iba lantaran HP yang dibeli Yani harus diambil kembali sebagai barang bukti. Rudi Kiai memberikan sejumlah uang senilai harga beli HP tersebut.

“Ini HP-nya kami bawa ke Polres untuk barang bukti. Bapak tidak punya HP lagi, tapi kami ganti dengan uang untuk membeli HP yang benar, beli di konter berikut kelengkapannya,” tegas Rudi Kiai. Terpisah Kasat Reskrim Polres Pangkalpinang AKP Adi Putra SH, MH mengatakan bahwa kasus ini berawal dari pengembangan penangkapan pelaku pencurian HP.

“Selanjutnya setelah dilakukan pemeriksaan bahwa pelaku bukan penadah, dia murni membeli, selanjutnya kami menyita HP tersebut sebagai barang bukti dan anggota saya Buser Naga secara sukarela menyisihkan rezekinya untuk mengganti HP tersebut,” tukas Adi Putra. (pas)

Tags :
Kategori :

Terkait