Sudah 60 Desa Cairkan DD/ADD Tahap I

Senin 14-03-2022,12:26 WIB
Reporter : Rasel01
Editor : Rasel01

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN – Dari 142 desa di Bengkulu Selatan sudah 60 desa yang mencairkan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) tahap pertama. Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) BS terus mengingatkan pemerintah desa yang belum mengajukan pencairan agar segera mengajukan dokumen pencairan.

Jika melewati batas waktu yang telah ditentukan yakni 13 Mei 2022, dipastikan DD selama setahun akan hangus dan dikembalikan ke kas negara. Selain pencairan DD dan ADD, Pemdes juga sudah memproses pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT) DD untuk tiga bulan sekaligus yakni Januari, Februari dan Maret.

Besaran BLT yakni Rp 300 ribu per sasaran per bulan. “Sudah 60 desa yang mengajukan pencairan. Begitupun untuk BLT DD sudah langsung ditransfer untuk jatah tiga bulan ke rekening kas desa. Diharapkan (BLT) segera disalurkan,” ujar Kepala BPKAD BS, Lismanto Bayu, SE melalui Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) DD dan ADD, Ujang Ali, S.Sos.

Menurut Ujang Ali, masih banyak desa yang belum mengajukan pencairan DD maupun ADD lantaran belum menuntaskan Anggaran Pendapat Belanja Desa (APBDes). Sebab, masih tarik ulur terkait kepentingan para anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dengan Pemdes tersebut.

Untuk itu diharapkan kepada Pemdes untuk segera menuntaskan APBDes dan segera mengajukan pencairana baik DD maupun ADD tahap I. “Kami terus mengingatkan Pemdes untuk segera memproses pengajuan pencairan, diharapkan dengan telah ada pencairan maka pembangunan serta perekonomian di desa dapat mulai berjalan," pungkasnya. (one)

 
Tags :
Kategori :

Terkait