Meriahkan PKN, Gelar Lomba Permainan Tradisional

Senin 02-05-2022,09:56 WIB
Reporter : rasel03
Editor : rasel03

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) BS, berencana menyelenggarakan lomba permainan tradisional tingkat siswa dan umum. Hal ini utuk memeriahkan hari Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) tahun 2022 yang bakal berlangsung bulan Juli 2022,

Kegiatan ini dijadwalkan mulai pada Juni mendatang, melalui seleksi yang berjejang dari tingkat kecamatan hingga kabupaten. Adapun jenis permaian tradisional yang akan dilombakan diantaranya gatrik, engrang, bola bekel, layangan, lompat tali, congklak, petak umpet dan engklek.

“Rencananya bakal diadakan lomba permainan tradisional. Tujuan kegiatan ini yaitu untuk menjaga kelestarian permaian tradional di tengah masyarakat, sekaligus menambah kekompakan para pemuda,” ujar Kepala Dispora BS, Rispin Junaidi, M.Pd.

Diteruskan Rispin, teknis pelaksanaan lomba nantinya akan dilakukan secara langsung di lapangan terbuka. Namun, untuk lokasi dan jadwal persis kegiatan masih dibahas oleh panitia acara. “Kalau peserta, nanti ada yang dari siswa dan ada juga dari umum. Pokoknya nanti akan dikemas semeriah mungkin,” bebernya.

Diakui Rispin, agenda lomba permainan tradisional masyarakat sudah lama tidak dilaksanakan. Hal ini karena adanya wabah pandemi covid-19, yang membuat rangkaian acara tatap muka dan yang mengundang keramaian ditunda. “Tapi sekarang pandemi sudah mereda, dan kegiatan di lapangan sudah bisa lagi digelar,” kata Rispin.

Iapun berharap dukungan dan peran serta masyarakat BS untuk kesuksesan acara tersebut. Pihaknya juga akan menyiapkan berbagai hadiah dan piagam, bagi para pemenang lomba nantinya. “Mudah-mudahan acara nantinya sukses dan berjalan lancar,” pungkasnya. (rzn)

Tags :
Kategori :

Terkait