Kades Padang Gilang Laporkan Pembuang Tinja Dekat Masjid

Selasa 10-05-2022,10:21 WIB
Reporter : rasel03
Editor : rasel03

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Ulah oknum berinisial H, warga Kota Bengkulu yang membuang tinja di dekat masjid dan pemandian umum, benar-benar membuat kesal warga Dusun Padang Gilang Desa Pandang Pandan, Kecamatan Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan (BS).

Apalagi oknum tersebut lari dari tanggungjawab. Senin (9/5) Kades Padang Pandan, Yenuardi melaporkan oknum tersebut ke Polsek Manna.

“Saya melaporkan orang tersebut ke polisi supaya ada itikad baik dari yang bersangkutan, dan bisa diproses hukum. Karena perbuatannya itu merugikan dan mencemari wilayah desa kami,” kata Kades Padang Pandan saat datang di Mapolsek Manna.

Diceritakan Kades, kejadian pembuangan kotoran manusia tersebut terjadi pada Selasa (26/4/2022) lalu. Oknum berinisial H mengendarai mobil L300 warna hitam yang dimodifikasi khusus untuk mengangkut tinja yang disedot dari septic tank.

Menjelang waktu berbuka puasa, mobil tersebut berhenti di tepi jalan dekat masjid, lalu membuang tinja. Aksi itu dipergoki warga. Warga yang kesal nyaris menghakimi oknum tersebut. Namun ditenangkan oleh kepala dusun (kadus) setempat.

Oknum tersebut mengaku siap bertanggungjawab, ia menyerahkan KTP kepada kadun. Namun beberapa hari pasca kejadian, oknum tersebut tidak kembali. Dihubungi via telepon nomor HP-nya sudah tidak aktif lagi. Hal itulah yang membuat Pemdes dan warga Padang Pandan kesal.

“Kami tidak terima dengan pembuangan tinja itu. Soalnya tinja dibuang dekat masjid, kemudian dibawahnya itu pemandian umum warga. Tentu sangat tercemar, warga kami dirugikan,” kesal kades.

Kapolres BS, AKBP Juda T Tampubolon, SH, SIK, MH melalui Kapolsek Manna, Iptu Yevi Mulyadi mengatakan akan menelusuri identitas pembuangan tinja tersebut. Jika sudah ada petunjuk, pihaknya akan mengupayakan mediasi, jika tidak berhasil maka akan dilakukan proses hukum.

“Kami akan telusuri dulu identitas sopir mobil yang membuang tinja. Mudah-mudahan cepat ada petunjuk untuk mendeteksi keberadaannya,” tegas Kapolsek. (yoh)

Tags :
Kategori :

Terkait