Manfaat Nangka bagi Ibu Hamil, Simak Cara Tepat Menyajikannya

Jumat 12-07-2024,17:33 WIB
Reporter : Aman Santoso
Editor : Andri Irawan 01

RASELNEWS.COM - Nangka menjadi salah satu buah yang sering kali diremehkan tetapi ternyata memiliki nilai gizi yang luar biasa bagi yang mengonsumsinya.

Bahkan nangka dapat menjadi tambahan yang baik untuk diet ibu hamil.

Nangka mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B6, folat, dan mineral seperti potasium dan magnesium.

BACA JUGA:Bolehkah Minum Kopi saat Hamil? Ketahui Manfaat dan Risiko Minum Kopi Selama Kehamilan

Folat sangat penting dalam mencegah kelainan pada tabung saraf bayi.

Selain itu, nangka juga mengandung serat yang membantu mencegah sembelit, suatu masalah umum yang sering dialami oleh ibu hamil.

Antioksidan dalam nangka membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh, sehingga bantu menjaga kesehatan ibu hamil.

BACA JUGA:Manfaat Makan Tempe Rebus yang Jarang Diketahui

Nangka adalah buah rendah lemak dan kolesterol sehingga aman dikonsumsi oleh ibu hamil yang memperhatikan asupan lemak dan kolesterol.

Bagaimana Menyajikan Nangka untuk Ibu Hamil? Nangka segar adalah pilihan terbaik.

Anda dapat memotongnya menjadi potongan kecil dan mengonsumsinya langsung atau menambahkannya ke dalam salad buah.

BACA JUGA:Konsumsi Garam Berlebih Sebabkan Tekanan Darah Tinggi? Cek Batas Aman dan Manfaat Garam Bagi Tubuh

Juga dapat membuat jus atau smoothie nangka yang segar dan lezat. Nangka juga dapat diolah menjadi berbagai hidangan, baik manis maupun gurih.

Namun, pastikan untuk memasaknya dengan cara yang sehat, seperti dikukus atau direbus daripada digoreng. Adapun hal yang perlu diperhatikan yakni:

1. Konsumsi dalam Jumlah Moderat

Meskipun nangka sehat, konsumsi dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan gangguan pencernaan karena kandungan gulanya yang tinggi.

BACA JUGA:Selain Wangi, Inilah 12 Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan Tubuh

2. Risiko Alergi

Beberapa individu mungkin mengalami alergi terhadap nangka. Jika memiliki riwayat alergi makanan, konsultasikan dengan dokter sebelum menambahkan nangka ke dalam diet.

3. Pembersihan yang Baik

Pastikan untuk membersihkan nangka dengan baik sebelum mengonsumsinya, terutama jika membelinya dalam kondisi sudah dipotong.

Dengan memperhitungkan manfaat dan peringatan di atas, nangka dapat menjadi bahan yang bermanfaat dan lezat dalam diet ibu hamil.

Kategori :