RASELNEWS.COM - Suzuki Nex Crossover hadir tanpa banyak promosi di Indonesia. Motor ini diposisikan sebagai pendamping Nex 2 dengan diferensiasi sebagai skuter matic petualang entry-level.
Nex Crossover sebenarnya berhasil menjalankan perannya di Indonesia, asalkan tidak dibandingkan dengan Honda BeAT Street dalam hal penjualan.
Pada saat pertama kali diluncurkan dengan harga sekitar Rp17,9 jutaan, motor ini sangat layak untuk dimiliki. Tapi sayang, kini harganya naik menjadi Rp20,8 jutaan.
Suzuki Nex Crossover Mau Jadi Rival Honda BeAT Street, Tapi Sayang...--raselnews.com
Pada November 2020, Suzuki meluncurkan Nex Crossover di tengah pandemi. Motor ini hadir untuk mendampingi Nex 2 yang penjualannya mulai menurun di Indonesia.
Suzuki memasarkan Nex Crossover sebagai motor petualang entry-level, meniru strategi Honda dengan Beat Street. Walaupun segmen skuter matic petualang tidak sebesar skuter matic reguler, peminatnya tetap ada, terbukti dari penjualan Beat Street yang konsisten setiap tahunnya.
Suzuki tampaknya serius dalam merombak Nex 2 menjadi model petualang. Sama seperti Beat Street yang menggunakan stang telanjang, Suzuki juga membuat stang Nex Crossover lebih lebar dan tinggi, khas motor petualang.
Suzuki Nex Crossover Mau Jadi Rival Honda BeAT Street, Tapi Sayang...--raselnews.com
Ban yang digunakan adalah ban semi dual-purpose, memberikan kepercayaan diri lebih saat melintasi medan off-road.
Bagian suspensi belakang dan kaliper rem depan diberi warna merah, menambah kesan keren. Suspensi belakangnya juga lebih tinggi dibandingkan Nex 2 reguler, memberikan kenyamanan saat melibas jalan tidak rata.
Suspensi depan juga sedikit lebih tinggi dari Nex reguler, menambah kenyamanan berkendara.
Suzuki Nex Crossover Mau Jadi Rival Honda BeAT Street, Tapi Sayang...--raselnews.com
Untuk mesinnya, Nex Crossover sedikit lebih unggul dibandingkan Beat Street. Dengan kapasitas mesin 113 cc SOHC 2-katup berpendingin udara, mesin ini menghasilkan tenaga 9,3 hp dan torsi 8,5 Nm.
Mesin ini sederhana dengan kapasitas oli hanya 650 ml, membuat performanya gesit dan lincah, meski sedikit kurang pada kecepatan tinggi. Kecepatan maksimalnya sekitar 106 km/jam, dengan konsumsi bahan bakar rata-rata 45 km/l.
Namun, meskipun Nex Crossover adalah salah satu andalan Suzuki di Indonesia, penjualannya masih jauh tertinggal dari Honda BeAT Street.
Suzuki Nex Crossover Mau Jadi Rival Honda BeAT Street, Tapi Sayang...--raselnews.com
Salah satu faktor utamanya adalah merek. Jika Nex Crossover bermerek Honda, mungkin penjualannya akan lebih baik. Selain itu, layanan purna jual Suzuki yang kurang luas dan harga jual kembali yang rendah juga menjadi pertimbangan konsumen.
Fitur Nex Crossover juga dianggap kurang mumpuni jika dibandingkan dengan BeAT Street. Beat Street dijual seharga Rp18,9 jutaan, sedangkan Nex Crossover kini seharga Rp20,8 jutaan.
Selisih harga ini cukup besar, padahal fitur Nex Crossover masih menggunakan dinamo starter konvensional, bagasi kecil hanya 4,5 liter, dan tangki bahan bakar hanya 3,6 liter.
Suzuki Nex Crossover Mau Jadi Rival Honda BeAT Street, Tapi Sayang...--raselnews.com
Lampu depan Nex Crossover juga belum LED. Sementara Beat Street memiliki fitur-fitur seperti parking brake lock, rem CBS, dan stand switch, yang tidak dimiliki oleh Nex Crossover.
Namun, satu fitur unggulan dari Suzuki adalah easy start system yang hanya perlu ditekan sekali tanpa harus menahan saat menyalakan mesin.