5 Kebiasaan Sepele yang Bikin Tagihan Listrik Rumah Naik

Kamis 03-10-2024,15:17 WIB
Reporter : Andri Irawan 01
Editor : Andri Irawan 01

RASELNEWS.COM - Tagihan listrik yang mendadak naik dari biasanya pastinya membuat Anda kaget. Padahal tanpa disadari, beberapa kebiasaan sehari-hari bisa jadi penyebab utama borosnya penggunaan listrik di rumah.

Meskipun tampak sepele, kebiasaan-kebiasaan ini ternyata cukup berpengaruh dalam menguras daya listrik dan meningkatkan tagihan bulanan.

Berikut lima kebiasaan yang sering dilakukan, namun bisa membuat tagihan listrik membengkak:

BACA JUGA:Jangan Panik, Ini 7 Tips Atasi Mobil Menggalami Overheat

BACA JUGA:Mau Investasi Emas? Nih 4 Tips Membeli Perhiasan Emas agar Tidak Rugi

1. Mencuci Pakaian dalam Jumlah Sedikit

Salah satu kebiasaan umum adalah mencuci pakaian dalam jumlah sedikit, terutama jika dilakukan setiap hari. Walaupun praktis, mencuci dalam jumlah sedikit justru menghabiskan lebih banyak listrik dan air.

Mesin cuci menggunakan daya dan air yang sama, terlepas dari jumlah pakaian. Jadi, semakin sering mencuci, semakin besar penggunaan listrik.

Cobalah mencuci satu atau dua kali seminggu dengan pakaian yang lebih banyak. Pilih durasi pencucian yang tepat dan gunakan mesin cuci berdaya rendah jika memungkinkan.

BACA JUGA:Jangan Tergoda Tawaran Pekerjaan WFH yang Mudah dengan Gaji Besar, Itu Penipuan! Begini Tips Menghindarinya

BACA JUGA:Terjebak Utang Pinjol, Segera Lakukan 5 Langkah Ini, Tips Keuangan Sehat dan Nyaman

2. Menyetrika Pakaian dalam Jumlah Sedikit

Menyetrika sedikit pakaian secara berulang juga dapat meningkatkan tagihan listrik. Setrika membutuhkan banyak energi saat pemanasan, dan semakin sering digunakan, semakin banyak listrik yang terbuang.

Setrikalah pakaian dalam jumlah besar sekaligus. Pastikan suhu setrika disesuaikan dengan jenis kain agar lebih hemat listrik.

3. Menyalakan AC

AC adalah salah satu peralatan yang mengonsumsi listrik besar. Menyalakan AC dengan pintu atau jendela terbuka membuat udara dingin keluar, sehingga AC bekerja lebih keras untuk mendinginkan ruangan.

BACA JUGA:Promosikan Usaha Anda di Medsos! Ini 7 Tips Membuat Konten Viral untuk Pelaku UMKM

BACA JUGA:Tips Mengelola Keuangan Pegawai Swasta Agar Tidak Merana di Hari Tua, Siapkan 5 Langka Ini Sebelum Pensiun

Agar lebih hemat, pastikan pintu dan jendela tertutup saat AC dinyalakan agar udara dingin tidak keluar dan AC bekerja lebih efisien.

4. Memasukkan Makanan Panas ke Dalam Kulkas

Memasukkan makanan panas ke dalam kulkas membuat kulkas bekerja lebih keras untuk mendinginkannya. Ini meningkatkan konsumsi listrik kulkas.

Baiknya biarkan makanan mencapai suhu ruangan sebelum memasukkannya ke dalam kulkas. Hindari juga mengisi kulkas terlalu penuh atau membiarkan pintu kulkas terbuka terlalu lama.

BACA JUGA:6 Tips Memilih Subwoofer Terbaik untuk Mobil Anda

BACA JUGA:4 Tanda Air Radiator Mobil Perlu Diganti dan Tips Merawatnya

Kategori :