BURUAN Daftar! Kemenpora Sediakan Beasiswa untuk Insan Olahraga Berprestasi, Catat Syarat dan Cara Daftarnya

Sabtu 05-10-2024,12:03 WIB
Reporter : Andri Irawan
Editor : Andri Irawan

RASELNEWS.COM - Anda seorang atlet atau pelaku olahraga yang ingin melanjutkan pendidikan? Buruan daftar dalam Program Beasiswa Kemenpora X LPDP untuk Insan Olahraga Berprestasi ini.

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) telah meluncurkan program beasiswa untuk jenjang magister (S2) dan doktor (S3) yang khusus ditujukan bagi insan olahraga berprestasi, seperti atlet, mantan atlet, dan tenaga profesional di bidang olahraga.

BACA JUGA:Kemenpora dan Kemenparekraf Digabung, Dukung Kemajuan Olahraga dan Pariwisata di Daerah

Program ini bertujuan mendukung mereka yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, baik di dalam negeri maupun luar negeri, tanpa harus khawatir soal biaya.

Menurut Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo, penerima beasiswa ini memiliki kesempatan untuk melanjutkan studi di universitas-universitas ternama, termasuk universitas internasional seperti Harvard.

Program ini merupakan hasil kolaborasi antara Kemenpora dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

BACA JUGA:Kemenpora Buka Seleksi PPPK 2023, Usia 20-56 Tahun Bisa Daftar, Cek Syarat dan Formasi yang Dibutuhkan

Tujuan utama dari program ini adalah meningkatkan kesejahteraan dan memberikan kesempatan pendidikan yang lebih luas bagi insan olahraga.

Tidak ada syarat prestasi khusus yang harus dipenuhi, asalkan semua dokumen dan persyaratan administratif sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan.

Selain itu, program ini juga diharapkan bisa mengatasi masalah yang sering dihadapi oleh atlet, seperti terganggunya pendidikan akibat padatnya jadwal latihan.

BACA JUGA:Terbukti Korupsi Dana Hibah Kemenpora, Mantan Pejabat dan 2 Warga Kaur Divonis 4 Tahun & Denda Rp200 Juta

Dengan dukungan penuh dari LPDP, program ini fokus pada pengembangan ilmu olahraga (sport science), peningkatan ekosistem olahraga, serta mendorong pertumbuhan industri olahraga di Indonesia.

Syarat Penerima Beasiswa Kemenpora X LPDP

Beasiswa ini merupakan langkah penting menuju Indonesia Emas 2045.

Program ini terbuka bagi atlet, mantan atlet, dan tenaga olahraga yang sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan, Pasal 69 ayat 1.

BACA JUGA:Mantan Kepala Samsat Kaur dan 2 Warga Jadi Tersangka Baru Pungli Proyek Kemenpora 2018

Tidak ada syarat prestasi minimal, asalkan semua persyaratan administratif terpenuhi.

Cara Pendaftaran Beasiswa Kemenpora X LPDP

Berikut langkah-langkah untuk mendaftar Beasiswa Kemenpora X LPDP:

1. Registrasi Online Pendaftaran dilakukan melalui situs resmi LPDP di https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/.

2. Membuat Akun Calon penerima beasiswa harus membuat akun terlebih dahulu. Buka halaman pendaftaran di situs LPDP kemudian klik “Belum punya akun? Buat akun di sini”. Lalu isi data dengan akurat, verifikasi melalui email, dan buat akun baru.

BACA JUGA:Pungli Dana Hibah, Penyidik Datangi Kemenpora

3. Lengkapi Dokumen Persyaratan Setelah akun berhasil dibuat, calon penerima wajib melengkapi dan mengunggah dokumen yang diperlukan, seperti:

- Data Pribadi dan KTP.

- Ijazah S1/S2 atau Surat Keterangan Lulus (SKL).

- Transkrip Akademik S1/S2.

Kategori :