Dikira Produk Luar Negeri Padahal Milik Dalam Negeri, Nih 10 Brand Indonesia yang Mendunia

Senin 07-10-2024,10:28 WIB
Reporter : Andri Irawan 01
Editor : Andri Irawan 01

RASELNEWS.COM - Banyak masyarakat yang sering salah mengira produk lokal Indonesia berikut ini sebagai merek luar negeri. Padahal sudah banyak brand lokal yang sudah mendunia.

Pemerintah Indonesia juga tengah mendorong pertumbuhan ekonomi negara dengan mempromosikan produk lokal ke pasar internasional. Berikut adalah 20 brand lokal Indonesia yang terkenal di dunia:

1. J.Co

Brand ini sudah dikenal luas, dimiliki oleh Johnny Andrean Group dan didirikan pada tahun 2006. J.Co mulai mendunia setelah membuka cabang di Malaysia pada 2007, di Singapura pada 2008, dan di beberapa negara lainnya, termasuk Arab Saudi pada 2018.

BACA JUGA:Bangga! Produk Indonesia Ini Menguasai Pasar Filipina

BACA JUGA:Royal Enfield Recall Produksi Periode November 2022 hingga Maret 2023, Ini Masalahnya

Banyak yang mengira J.Co adalah produk luar negeri, padahal ini merupakan brand Indonesia.

2. Erigo

Brand pakaian ini didirikan pada 2010 dengan nama awal Selective, fokus pada batik kasual.

Pada 2013, pendiri Muhammad Sadat merilis koleksi street style yang lebih modern. Erigo mulai mendapat perhatian dunia setelah tampil di New York Fashion Week 2022.

3. Paseo

Merek tisu ini diproduksi oleh Asian Paper and Valve, anak perusahaan Sinarmas. Paseo telah mengekspor produknya ke 65 negara, termasuk Amerika Serikat dan Selandia Baru.

BACA JUGA:BPOM Sita Ratusan Ribu Produk Kosmetik Ilegal di Pasaran, Waspada!

BACA JUGA:Apple Siap Rilis Produk Terbaru Tahun Depan Segmen Perangkat Rumah Canggih

4. Tolak Angin

Produk herbal dari PT Jamu Industri Jamu dan Formulasi Sido Muncul Tbk ini sudah ada sejak tahun 1930. Tolak Angin telah diekspor ke berbagai negara, seperti Arab Saudi, Kamboja, dan Filipina.

5. La Fonte

Brand ini diproduksi oleh Bogasari dan menawarkan berbagai produk pasta, termasuk spaghetti dan makaroni. La Fonte sudah diekspor ke banyak negara, termasuk Jepang dan Singapura.

6. Eiger

Didirikan pada 1979, Eiger menjual berbagai peralatan outdoor dan telah menerima penghargaan dari pemerintah pada 1992. Produk Eiger dapat ditemukan di Jepang, Lebanon, dan Filipina.

BACA JUGA:Truk Listrik Pertama Isuzu NRR-EV Mulai Diproduksi, Siap Dikirim Kepada Konsumen Bulan Ini

BACA JUGA:Mesin Tanpa Piston Lebih Cepat dari 2 Tak, Cuma Diproduksi 25 Uunit, Yamaha R1 Kalah Jauh

7. GT Radial

Dikenal sebagai produk ban, GT Radial diproduksi oleh PT Gajah Tunggal dan telah mengekspor ke lebih dari 80 negara di Eropa, Amerika, dan Asia.

8. The Executive

Merek ini diproduksi oleh PT Delami Garment Industries di Bandung dan telah menembus pasar global di negara-negara Asia Tenggara.

9. Indomie

Merek mie instan ini sangat terkenal secara internasional, telah diekspor ke berbagai negara, termasuk Amerika Serikat, Taiwan, dan Australia.

BACA JUGA:7 Aktivitas Setelah Pensiun agar Tetap Produktif

BACA JUGA:Evoware Produksi Gelas 'Ello Jello' Berbahan Rumput Laut, Sudah Dipakai Bisa Langsung Dimakan

10. SilverQueen

Cokelat ini sering dianggap produk luar negeri, padahal diproduksi oleh PT Petra Foods. SilverQueen telah mengekspor produk ke 17 negara, termasuk Jepang dan Australia.

11. Buccheri

Dikenal dengan nama yang mewah, Buccheri didirikan pada 1980 oleh tiga bersaudara dari Makassar. Brand ini kini memiliki 120 cabang di seluruh Indonesia.

12. Hokben

Restoran cepat saji ini menyajikan masakan Jepang sejak 1985, meskipun sering dianggap berasal dari Jepang, Hokben adalah produk lokal.

BACA JUGA:Berproduksi Sejak 2018, Pabrik Bakso Ini Ternyata Bukan Berbahan Daging Sapi, Pemilik Ditetapkan Tersangka

BACA JUGA:Persaingan Produk Teknologi Semakin Panas! Berikut 6 Chipset HP Terbaru yang Akan Rilis!

13. CFC

CFC adalah brand lokal yang telah membuka cabang di beberapa negara. Awalnya merupakan waralaba California Pioneer Chicken, CFC kini memproduksi sendiri setelah lepas dari waralaba pada 1989.

14. Polytron

Brand elektronik ini sering dianggap dari Jepang atau China, padahal didirikan pada 1975 di Indonesia, memproduksi berbagai alat elektronik seperti kulkas dan TV.

15. Kopiko

Merek permen kopi ini mendunia dengan ekspor ke lebih dari 80 negara, termasuk Jerman, Korea Selatan, dan Australia.

16. Polygon

Brand sepeda asal Sidoarjo ini telah melebarkan sayap hingga pasar internasional, bahkan tim downhill internasional menggunakan sepeda Polygon di kejuaraan dunia.

BACA JUGA:Per Hektar Hasilkan 14 Ton! Dinas Pertanian Sebut Produktivitas Sawit Bengkulu Selatan Masih Rendah

BACA JUGA: Produk Gagal Motor Honda di Indonesia! Apa Saja Motornya?

17. Essenza

Brand keramik ini diproduksi sejak 1993 oleh PT Inti Keramik Alam Sari Industri Tbk dan sudah mengekspor produk ke pasar Amerika dan Eropa.

18. Teori Palmer

Brand ini dinamai dari lokasi pabrik pertamanya, Palmerah, dan telah mengekspor produknya ke Eropa sejak 1988.

19. Legine

Merek ini juga dikenal dengan kualitasnya yang sebanding dengan merek luar negeri, berdiri sejak 1972 dengan konsep American Style.

BACA JUGA:Pasar LCGC Heboh, Mobil Listrik Citroen EC3 Diproduksi Lokal, Harga Sudah Mepet Honda Brio

BACA JUGA:Jetour, Cheery dan Neta akan Produksi Mobil di Indonesia, Dijual Lebih Murah Mulai Juli, Pesaing Mobil Jepang

20. Krisbow

Nama Krisbow adalah singkatan dari nama pendirinya, Kristen Wibowo, yang juga merupakan anak dari pendiri Kawan Lama Group, perusahaan yang menaungi merek-merek terkenal lainnya. (**)

Kategori :