Jangan Abaikan! Ini 5 Kewajiban Anak Perempuan kepada Orang Tua Setelah Menikah

Rabu 23-10-2024,11:15 WIB
Reporter : Andri Irawan
Editor : Andri Irawan

RASELNEWS.COM - Sebagai seorang anak perempuan yang telah menikah, kewajiban yang harus dipenuhi tidak lagi hanya kepada orang tua, melainkan juga kepada suaminya.

Islam mengajarkan kepada para muslimah untuk senantiasa taat kepada suaminya, dengan syarat bahwa suami tersebut menjaga syariat agama dengan baik dan benar.

BACA JUGA:Bagaimana Hukum Menghilangkan Tanda Lahir di Wajah Menurut Islam, Simak Penjelasan Buya Yahya

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda yang artinya "Keridhaan Allah itu terletak pada keridhaan orang tua dan murka Allah terletak pada murka orang tua".

Meskipun sudah menikah dan menjadi istri yang harus patuh kepada suami, bukan berarti seorang anak perempuan boleh melupakan orang tuanya atau lepas dari tanggung jawabnya terhadap mereka.

Ada kewajiban yang harus dipenuhi oleh seorang istri kepada orang tuanya. Berikut ini adalah lima kewajiban anak perempuan terhadap orang tuanya setelah menikah:

BACA JUGA:Hukum Mencukur Bulu Kaki dan Tangan dalam Islam, Ini Penjelasan Buya Yahya

1. Tetap Berbakti kepada Orang Tua

Seorang muslimah yang baik harus tetap taat dan berbakti kepada orang tuanya, meskipun sudah menikah.
Namun, tak jarang kita melihat di masyarakat bahwa ada istri yang setelah menikah justru mengabaikan orang tuanya.

Padahal, dalam ajaran Islam, seorang wanita yang sudah menikah tetap diwajibkan untuk menghormati dan berbakti kepada orang tuanya.

Jika seorang wanita muslimah yang menikah kemudian mengabaikan orang tuanya, maka Allah akan memberikan peringatan kepada keluarganya.

BACA JUGA:Selfie Menjulurkan Lidah Dilarang Dalam Islam, Ini Tanda Jika Hewan Menjulurkan Lidah

Untuk para suami, hendaknya menghindari mempersulit istri yang ingin berbakti kepada orang tuanya.

2. Menjalin Silaturahmi dan Tetap Berkomunikasi

Meskipun sudah menikah, anak perempuan dianjurkan untuk tetap menjaga silaturahmi dan komunikasi dengan keluarganya.

Hubungan yang baik antara anak perempuan dan orang tuanya akan mendatangkan berkah bagi seluruh keluarga.
Dalam Al-Qur'an surah An-Nisa ayat 1 Allah SWT berfirman tentang pentingnya menjaga tali silaturahmi.

BACA JUGA:Putri Duyung Mitos atau Fakta? Ini Menurut Islam

Oleh karena itu, suami tidak dianjurkan untuk menghalangi istrinya dalam bersilaturahmi dengan orang tuanya.

Jika ada kesempatan, usahakan untuk tetap berkomunikasi dan bersilaturahmi dengan orang tua, karena hal ini akan mendatangkan berkah dari Allah SWT.

3. Membantu Kehidupan Orang Tua

Ketika orang tua semakin menua dan tidak mampu lagi bekerja, seorang istri memiliki kewajiban untuk membantu kehidupannya jika mampu.

BACA JUGA:NASA Sebut Potensi Kiamat Makin Dekat, Ilmuwan Ukraina Putuskan Masuk Islam

Namun, hal ini tentu perlu persetujuan dari suami. Jika suami mengizinkan dan dirasa mampu, maka tidak ada salahnya membantu orang tua.

InsyaAllah, bantuan ini akan mendatangkan rezeki yang lebih besar dari Allah SWT. Bagi para suami, sebaiknya tidak mempersulit istri yang ingin membantu orang tuanya, selama hal tersebut tidak mengganggu keuangan keluarga.

4. Tidak Menggantungkan Diri pada Orang Tua

BACA JUGA:Masih Jomblo? Begini 5 Cara Mencari Jodoh yang Islami

Setelah menikah, seorang wanita tidak dianjurkan untuk terus bergantung kepada orang tuanya. Sebab, saat sudah menikah, tanggung jawab nafkah sepenuhnya ada pada suami.

Suami harus memahami hal ini sebelum memutuskan untuk menikahi seorang wanita. Tugas orang tua dalam mendidik dan merawat anaknya sudah selesai saat anak perempuan tersebut menikah.

Oleh karena itu, istri sebaiknya tidak menyulitkan orang tuanya dalam hal perekonomian, kecuali jika orang tua dengan sukarela memberikan bantuan. Jika demikian, hal tersebut bisa dianggap sebagai hadiah yang perlu dijaga dengan baik.

BACA JUGA:Hukum Asal Menikah Dalam Islam Adalah Sunnah, Tapi Kalau Sudah Begini Hukumnya Wajib

5. Merawat Orang Tua di Masa Tua

Semua orang akan mengalami masa tua, dan seorang istri sangat dianjurkan untuk tetap merawat dan memperhatikan orang tuanya yang sudah lanjut usia.

Meskipun mungkin tidak bisa sepenuhnya merawat mereka, perhatian dan kasih sayang dari seorang anak perempuan sangat berarti bagi orang tuanya.

Seorang suami juga sebaiknya tidak menghalangi istrinya dalam memberikan perhatian kepada orang tuanya, selama kebutuhan keluarga sudah terpenuhi.

BACA JUGA:Ada Pertanda Baik dan Buruk! Ini 6 Arti Burung Perkutut Masuk Rumah Menurut Islam

Jika suami menghalangi istri dalam berbuat kebaikan, maka ia bisa mendapatkan dosa besar. Oleh karena itu, penting bagi pasangan untuk saling berkomunikasi dan memahami kondisi masing-masing. (**)

Kategori :