Sembilan Kabupaten Zona Orange Covid-19

Sembilan Kabupaten Zona Orange Covid-19

KOTA BENGKULU - Sebanyak sembilan Kabupaten di Provinsi Bengkulu berada pada zona orange covid-19. Hanya kabupaten Lebong yang berada pada zona kuning. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni mengatakan, penetapan zona itu berdasarkan jumlah kasus covid-19 di masing-masing kabupaten.

Saat ini jumlah kasus positif covid se Provinsi Bengkulu sebanyak 6.253 kasus, atau ada tambahan 86 kasus pada Rabu (21/4). Sedangkan kasus sembuh sebanyak 5.480 kasus. “Memang kasus positif covid-19 kita terus bertambah, ini merupakan warning bagi masyarakat agar memperketat protokol kesehatan," kata Herwan.

Dia mengatakan, berdasarkan persentase kasus positif covid-19 dan pasien yang dinyatakan sembuh, masih ada 773 kasus positif, baik yang dirawat di rumah sakit, maupun yang melakukan isolasi mandiri. Jumlah pasien positif itu tersebar di 10 kabupaten/kota. Dengan kasus terbanyak tetap di Kota Bengkulu.

Meskipun sembilan kabupaten berada pada zona orange covid-19, Herwan menyebut aktivitas masyarakat seperti mudik lebaran antar kabupaten bisa dilakukan. Begitu juga dengan kegiatan belajar mengajar, asalkan mengikuti panduan pencegahan covid-19.

Selain itu, pemerintah juga saat ini terus mengejar capaian vaksinasi khususnya untuk lanjut usia yang masuk dalam program prioritas. Pasalnya, lansia menjadi salah satu yang rentan terpapar covid-19, apalagi jika memiliki penyakit penyerta yang dapat menimbulkan kematian. "Bagi lansia diimbau mengurangi aktivitas, apalagi saat lebaran, tetap kedepankan prokes,” tutur Herwan. (cia)

Sumber: