Atasi Longsor, BPBD Siapkan Ribuan Bibit Vetiver

Atasi Longsor, BPBD Siapkan Ribuan Bibit Vetiver

KOTA MANNA – Untuk mengatasi potensi bencana alam longsor yang kerap terjadi di wilayah Kabupaten Bengkulu Selatan (BS). Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) BS menyiapkan sebanyak 4000 batang bibit rumput vetiver, yang diklaim akarnya sangat kuat untuk menahan tanah agar tidak longsor. Ribuan bibit rumput itu didatangkan langsung dari BPDSHL Ketahun Kabupaten Bengkulu Utara. Nantinya bibit tersebut akan ditanam dan disebar di berbagai lokasi yang masuk dalam peta rawan bencana alam longsor.

“Bibit rumput vetiver telah tiba di BPBD BS dan segera akan ditanam di sejumlah titik yang rawan longsor dan sebagian lagi akan dikembangkan untuk pengembangan selanjutnya,” ujar Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD BS, Daved Fahlefi, ST.

Diterangkan Daved, dengan ditanamnya rumput vetiver di sejumlah titik lokasi yang kerap terjadi bencana longsor. Setidaknya permukaan tanah tidak akan gundul, sehingga tidak mudah terkikis oleh air hujan. Kondisi ini akan meminimalisir dampak longsor yang terjadi.

“Target kami, wilayah yang rawan longsor di 11 kecamatan BS dapat ditanami rumput ini. Jika melihat kabupaten lain yang telah memanfaatkan rumput ini, hasilnya cukup maksimal dan ampuh mengatasi longsor,” jelasnya.

Bahkan, untuk mempercepat distribusi rumput tersebut ke wilayah pemukiman masyarakat. Daved mengaku warga boleh mengembangkan bibit rumput itu secara pribadi. Bibit rumput dapat diambil langsung di halaman kantor BPBD BS.

“Selain untuk mengantisipasi longsor, rumput ini juga berperan dalam penghijauan lahan gundul. Namun untuk penggunaannya sebagai pakan ternak, kami belum mengetahui secara pasti,” pungkasnya. (rzn)

Sumber: