Rusa Tutul di Rumdin Bupati Lahirkan Dua Anak Jantan, Kandang Tak Layak, Segera Dipindahkan

Rusa Tutul di Rumdin Bupati Lahirkan Dua Anak Jantan, Kandang Tak Layak, Segera Dipindahkan

KOTA MANNA - Hewan peliharaan Rusa Tutul atau Rusa Totol (Axis axis) yang dipelihara di kawasan rumah dinas (rumdin) Bupati BS, sudah berkembang biak. Dari sebelumnya hanya empat ekor, kini menjadi enam ekor. Hal itu lantaran satu ekor betina sudah beranak dua ekor. Dua anak rusa berjenis jantan sehingga kawanan rusa tersebut menjadi tiga ekor betina dan tiga ekor jantan.

Namun, Kasubag Rumah Tangga Bagian Umum Setkab BS, Rodi, S.Sos, mengatakan kondisi kandang yang ada sudah kurang layak. Rencananya, rusa tersebut akan diserahkan ke Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) BS, agar dapat dipindahkan ke kandang yang lebih layak.

“Rencananya akan dibuatkan kandang yang baru. Setelah ada kandang yang lebih layak, pengelolaan akan diserahkan ke DLHK,” ungkap Rodi. Dia mengaku, awalnya pada Juli 2021, seekor rusa betina melahirkan satu anak. Namun anak rusa tersebut akhirnya mati. Setelahnya, dua ekor betina lain juga melahirkan, masing-masing satu ekor anak jantan.

“Kami sudah melaporkan kelahiran dua rusa jantan itu ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA),” sambung Rodi. Dia mengaku pengawasan dan perawatan rusa-rusa tersebut dilakukan dokter hewan Dinas Pertanian dan Peternakan (Distannak) BS.

Sebelum diserahkan ke DLHK BS dan dilakukan pemindahan, Pemkab BS rencananya akan mencari lahan yang layak untuk pengembanganbiakan rusa yang hampir punah tersebut. “Setelah lahan tersedia dan dibuatkan kandang yang layak, baru pemindahan dilakukan,” pungkas Rodi. (mg1)

Sumber: