Dinkes Tingkatkan Kapasitas Penjamah Rumah Makan

Dinkes Tingkatkan Kapasitas Penjamah Rumah Makan

KOTA MANNA – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) menggelar pertemuan peningkatan kapasitas pengelola/penjamah makanan dan restoran yang ada di BS. Pertemuan ini bertujuan agar masyarakat terlindungi dari makanan dan minuman yang tidak memenuhi persyaratan higienis sanitasi serta meningkatkan pengetahuan pemilik dan pengelola warung/rumah makan (RM) tentang higienis sanitasi pangan.

“Kegiatan ini dilaksanakan agar ada peningkatan kapasitas penjamah dan sarana penyedia makanan baik di rumah makan, kantin, atau pihak ketiga penyedia makanan supaya mereka dapat memiliki sertifikat laik sanitasi. Sebab, selama ini masih banyak rumah makan belum mempunyai tenaga penjamah yang baik agar menghasilkan makanan sesuai standar kesehatan dan aman untuk dikonsumsi oleh konsumen,” ujar Kepala Dinkes BS Siswanto M.Si.

Dikatakan Siswanto, pertemuan ini sangat penting dilaksanakan dan merupakan prioritas pemerintah. Sebab merupakan salah satu upaya untuk mengurangi angka kesakitan termasuk angka stunting. “Kegiatan ini sangat krusial dilaksanakan lantaran salah satu penyebab terjadinya stunting adalah akibat mengkonsumsi makanan yang tidak sehat karena sudah terpapar dengan zat-zat yang berbahaya bagi kesehatan,” terangnya.

Melalui pertemuan ini, para peserta akan diberitahu mengenai cara pengelolaan makanan, alat yang dipakai, dan berapa lama makanan tersebut bisa disimpan untuk disajikan. “Jadi mereka ini setelah diberikan pembinaan dan pelatihan, diharapkan kedepan proses pelayanan menu makanan semakin baik dan memperhatikan sisi kesehatan,” pungkasnya.(one)

Sumber: