Dinkes Lakukan Sosialisasi Aplikasi SIPGAR

Dinkes Lakukan Sosialisasi Aplikasi SIPGAR

KOTA MANNA – Di masa Pandemi Covid 19 sekarang ini, salah satu upaya pencegahan penularan yaitu dengan meningkatkan imunitas tubuh. Olahraga yang teratur dan terukur dapat meningkatkan imunitas tubuh untuk selalu menjaga kebugaran. Dengan kondisi bugar seseorang bisa menjadi lebih produktif, sehingga mampu mendorong seseorang menjadi sehat jiwa dan raga.

Untuk mengukur tingkat kebugaran tubuh, Kemenkes RI meluncurkan sebuah aplikasi Pengukuran Kebugaran Jasmani Mandiri bernama SIPGAR yang dapat diakses langsung bagi pengguna smartphone android. Dalam rangka menjaga kebugaran dan meningkatkan imunitas tubuh masyarakat. “Saat ini kami Dinkes melakukan sosialisasi dan aplikasi SIPGAR, karena dapat dilaksanakan secara mandiri dan mudah oleh siapa pun. Karena dengan melakukan pengengecekan kebugaran setiap orang, dengan tubuh bugar dipastikan selalu sehat,” ujar Kepala Dinkes BS, Siswanto M.Si.

Dikatakan Siswanto, aplikasi SIPGAR merupakan aplikasi pencatatan pemeriksaan kondisi fisik seseorang yang dilakukan dalam kurun waktu tertentu menggunakan metode rockport atau etode pengukuran kebugaran jasmani dengan menghitung waktu tempuh seseorang saat menempuh lintasan 1.600 meter. “Pengukuran kebugaran jantung paru yang merupakan salah satu komponen terbesar yang mempengaruhi kebugaran seseorang, untuk tahap awal ini sudah kami sosialisasikan di kalangan ASN,” pungkas Siswanto.(one)

Sumber: