PMI Hadirkan Bank Darah Setiap Desa

PMI Hadirkan Bank Darah Setiap Desa

KOTA MANNA - Selama ini masyarakat sering kesulitan mendapat stok darah ataupun pendonor disaat ada kerabat atau keluarga yang sakit. Stok darah di gudang darah rumah sakit sering kosong. Untuk mengatasi hal tersebut, Palang Merah Indonesia (PMI) Bengkulu Selatan akan hadir memberi solusi.

“Salah satu program utama yang segera direalisasikan adalah menghadirkan bank darah di setiap desa. Hadirnya bank darah tentunya akan memudahkan masyarakat mendapatkan darah disaat membutuhkan,” kata Ketua PMI Bengkulu Selatan, Hj. Srigusti Sabana, SH usai dilantik, kemarin (1/10).

Untuk memaksimalkan bank darah, PMI akan merekrut relawan sebanyak-banyaknya. Masyarakat yang tergabung sebagai relawan PMI akan fokus mengelola bank darah disetiap desa. Tidak hanya itu, PMI juga akan bekerjasama dengan pemerintah desa/kelurahan untuk memaksimalkan program bank darah.

“Keberadaan bank darah akan difungsikan dengan maksimal. Fungsinya sebagai penampung darah setiap ada masyarakat yang hendak donor darah. Dan selalu siap menyalurkan atau memberi darah disaat ada yang membutuhkan,” terang Srigusti.

Apalagi, lanjut Srigusti penyediaan bank darah menjadi harapan utama Bupati, Gusnan Mulyadi terhadap pengurus PMI yang baru. Bupati berharap keberadaan PMI dapat membantu masyarakat sesuai dengan fungsi lembaga tersebut. Selain menyediakan bank darah, PMI BS juga akan aktif melakukan kegiatan sosial. Seperti dalam waktu dekat akan dilaksanakan vaksinasi massal dengan sasaran peserta sebanyak 2 ribu orang. “PMI juga akan hadir disetiap ada musibah atau bencana. Akan selalu berusaha memberi pertolongan untuk meringankan saudara kita yang membutuhkan,” imbuh Srigusti.

Pelantikan Dewan Pembina dan Pengurus PMI BS masa bakri 2021-2026 digelar di aula kantor Bappeda BS dihadiri Ketua PMI Provinsi Bengkulu, Asnawi A. Lamat, Bupati BS, Gusnan Mulyadi, Ketua DPRD BS, Barli Halim, SE, unsur Forkopimda, dan pejabat eselon II jajaran Pemkab BS. (yoh)

Sumber: