Tenang! Mutasi Baru di Akhir Tahun

Tenang! Mutasi Baru di Akhir Tahun

KOTA MANNA - Menjawab desas-desus isu mutasi di kalangan PNS lingkungan Pemkab Bengkulu Selatan (BS), Bupati Gusnan Mulyadi akhirnya mengaku belum akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini. Namun Bupati sudah merancang pelaksanaan mutasi akan dilakukan di akhir tahun. Terutama untuk pengisian jabatan eselon II dan III yang tengah kosong karena ditinggal pejabat sebelumnya, sehingga diduduki oleh seorang Plt.

Hanya saja, Bupati mengaku mutasi bisa saja dilaksanakan dalam waktu dekat jika kebijakan pemerintah pusat terkait rencana pengalihan status jabatan atau penghapusan jabatan dari pejabat eselon IV untuk difungsionalkan, benar-benar dijalankan. Jika kebijakan penghapusan eselon IV direalisasikan, dipastikan ratusan ASN yang menduduki pos jabatan tersebut akan menjadi pejabat fungsional.

“Untuk mutasi, baru akan dilakukan akhir tahun nanti, kecuali ada kebijakan pemerintah yang mengharuskan segera menfungsionalkan seluruh pejabat eselon IV. Karena kedepan sesuai aturan, tidak ada lagi jabatan eselon IV, semua akan difungsionalkan,” ujar Bupati.

Terkait rencana pengisian posisi pejabat eselon II, Gusnan mengaku tengah melakukan persiapan pembentukan tim assessment dan job fit. Termasuk mempersiapkan perubahan nomenklatur Organisasi Perangkat Daerah (OPD). “Yang pasti mutasi adalah kebutuhan dan penyegaran organisasi. Tentu hal ini menjadi kewajaran. Silakan fokus bekerja, jangan memikirkan rencana mutasi,” tuntas Gusnan. (one)

Sumber: