Pasar Bawah Butuh Petugas Kebersihan

Pasar Bawah Butuh Petugas Kebersihan

PASAR MANNA - Objek wisata Pantai Pasar Bawah di Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) yang menghadap langsung ke Samudera Hindia yang juga menjadi muara Sungai Air Manna, sepertinya akan sulit mengatasi masalah sampah. Setiap hujan turun, sampah plastik dan kayu akan berserakan di bibir pantai.

Beberapa kali petugas kebersihan Dinas Kebersihan BS sudah melakukan pembersihan pantai bersama. Namun sampah yang hanyut di Sungai Air Manna, selalu terdampar di bibir Pantai Pasar Bawah.

Penjaga Gedung TIC Pantai Pasar Bawah, Yuliusman, mengaku sampah bukan hanya dibawa oleh Sungai Air Manna, tetap pengunjung yang membawa makanan juga tidak jarang membuang sampah sembarangan. “Banyak (sampah) berasal dari pengunjung yang membawa makanan dari luar, sisa plastik dibuang di pantai. Padahal sampah ranting pohon yang terbawa dari sungai saja sudah banyak,” ujarnya.

Yuliusman juga menilai petugas kebersihan yang ditempatkan di Pantai Pasar Bawah masih kurang. Dia mengaku hanya melihat dua petugas kebersihan yang mencoba membersihkan bibir pantai. “Jelas itu tidak efektif. Sudah jarang sekali seperti dulu, puluhan petugas bersama-sama melakukan kebersihan pantai,” tuntas Yuliusman. (mg1)

Sumber: