Kesehatan dan Keselamatan Kerja Itu Penting

Kesehatan dan Keselamatan Kerja Itu Penting

KOTA MANNA –  Dinas Kesehatan (Dinkes) Bengkulu Selatan melakukan sosialisasi upaya kesehatan kerja dan penyakit akibat kerja. Kegiatan ini diharapkan dapat memahami pentingnya bahaya risiko dari pekerjaan serta tindakan pencegahan agar tidak terjadi kecelakaan kerja di setiap pekerjaan.

“Kegiatan ini melibatkan pekerja dan pengusaha agar mereka memahami pentingnya kesehatan kerja dalam bekerja, dengan memperhatikan kesehatan dan keselamatan kerja diharapkan pekerja dapat terlindungi,” ujar Kepala Dinkes BS Siswanto S.Sos M.Si.

Dikatakan Siswanto, pelayanan kesehatan kerja penting bagi masyarakat pekerja terutama pekerja informal serta merupakan wadah dari serangkaian upaya pemeliharaan kesehatan pekerja yang terencana, teratur, dan berkesinambungan yang diselenggarakan oleh dan untuk masyarakat pekerja.

Semakin meningkatnya jumlah pekerja yang sebagian besar dari mereka belum mendapatkan pelayanan kesehatan kerja yang memadai ditambah masih banyak tempat kerja yang belum melaksanakan kesehatan dan banyaknya pekerja yang mengalami penyakit akibat kerja serta kecelakaan kerja yang dapat menurunkan produktivitas kerja, maka dari itu perlu adanya pos upaya kesehatan kerja (Pos UKK) di tengah masyarakat.

Pos UKK dapat dibentuk di lokasi kelompok pekerja dan diutamakan dari jenis pekerjaan yang sama. “Keselamatan dan kesehatan kerja penting menjadi perhatian bersama, untuk produktifitas kerja,” pungkas Siswanto.(one)

Sumber: