Kerap Meresahkan, ODGJ Diamankan Lalu Dimandikan

Kerap Meresahkan, ODGJ Diamankan Lalu Dimandikan

KOTA MANNA - Dinas Sosial Bengkulu Selatan (BS) bersama Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK) melakukan kegiatan bakti sosial untuk penanganan masalah sosial. Yakni memberikan penanganan terhadap Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) yang terlantar di BS. Mereka dibersihkan, dimandikan hingga dipotong rambutnya agar terlihat lebih rapi.

Plt. Kepala Dinas Sosial Didi Ruslan mengatakan, ada dua ODGJ yang dibawa ke Dinsos BS, Kamis (14/10/2021). Dikatakannya, awalnya para ODGJ menolak untuk dibantu. Saat diamankan, ketiganya tampak kumuh, kumal dan memiliki bau tidak sedap. “Setelah dilakukan pendekatan oleh anggota kami dan TKSK, dua ODGJ ini bersedia dibantu. Mereka kami mandikan, dirapikan rambutnya, kukunya hingga diberi baju baru. Lalu kami juga beri makan dan dilakukan pemeriksaan kesehatan,” ungkap Didi.

Keduanya dibawa ke Dinsos BS lantaran ada pengaduan masyarakat yang resah karena dinilai mengganggu. Selama ini ketiga ODGJ ini hidup di jalanan dan makan dari hasil mengais di tempat sampah. “Satunya mengaku bernama Bokir asal Jawa, satu lagi tidak tahu identitasnya,” kata Didi.

Menurutnya, ODGJ merupakan salah satu kategori penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) karena tidak dapat melaksanakan fungsi sosial sehingga tidak dapat terpenuhi kebutuhan hidupnya baik jasmani, rohani, dan sosial secara memadai dan wajar.

“Karena keterbatasan anggaran dan SDM, fasilitas juga tidak ada, penanganan ODGJ di daerah kita difokuskan pengawasan, apakah mereka meresahkan atau tidak, ini untuk yang terlantar. Tapi, kalau ada keluarganya dan jelas identitasnya tentu kami arahkan dilakukan pengobatan medis atau rehabilitasi,” pungkas Didi. (yip)

Sumber: