Rusak Parah, JSP Gunung Ayu Butuh Perbaikan

Rusak Parah, JSP Gunung Ayu Butuh Perbaikan

SEGINIM - Rusaknya Jalan Sentra Produksi (JSP) sepanjang 1,5 kilometer di Desa Gunung Ayu Kecamatan Seginim Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) membuat para petani padi, sawit dan karet setempat kewalahan mengeluarkan hasil panen. Kondisi tersebut sudah berlangsung sejak lima tahun terakhir.

Sebelumnya, permukaan jalan yang hanya dilapisi batu koral kini sudah berlumpur. Bahkan, di beberapa titik sudah terbentuk telaga di tengah jalan lantaran terus digenangi air. Kades Gunung Ayu, Mikardin mengungkapkan persoalan jalan tersebut sudah beberaa kali disampaikan ke Pemda BS. Namun, belum juga ada realisasi. Padahal, jalan tersebut termasuk jalan kabupaten dan penting digunakan masyarakat.

“Akses jalan tersebut juga menjadi penghubung alternatif desa kami dengan Desa Muara Pandan Kecamatan Air Nipis. Sekarang kondisinya semakin parah, hanya kendaraan tertentu saja yang bisa lewat,” ujar Mikardin. Diterangkan Mikardi, kerusakan jalan tersebut mengakibatkan sebagian besar warganya mengeluh saat akan mengeluarkan hasil panen.

Per harinya, tak kurang dari 30 ton tandan buah segar (TBS) sawit yang dikeluarkan melalui jalur tersebut. Belum lagi untuk hasil perkebunan karet dan padi. “Permintaan kami Kepada Pemda BS agar jalan tersebut ditingkatkan kualitasnya menjadi aspal hotmik, sehingga akses warga semakin lancar,” kata dia.

Jika harus menggelontorkan Dana Desa (DD), Mikardin mengaku bahwa dana tersebut tidak akan cukup untuk merehab jalan tersebut. Disamping itu, penggunaan DD untuk membangun fasilitas yang seharusnya dicover dengan dana daerah juga dinilai menyalahi regulasi. “Besar harapan kami agar fasilitas jalan tersebut bisa diperbaiki dan membantu perekonomian masyarakat,” pungkasnya. (rzn)

Sumber: