Gegara Puntung Rokok, Depot Kayu Terbakar

Gegara Puntung Rokok, Depot Kayu Terbakar

BENGKULU SELATAN - Musibah kebakaran kembali terjadi di Kabupaten Bengkulu Selatan (BS). Selasa (26/10) dini hari sekitar pukul 00.30 WIB, Depot Kayu UD. Barokah, milik Yanto (35), warga Jalan Limau Kelurahan Gunung Ayu Kecamatan Kota Manna terbakar.

Beruntung kejadian itu cepat diketahui oleh pemilik depot dan langsung menghubungi pihak Damkar BS. Sehingga api tidak menghanguskan seluruh isi depot beserta bangunan disekitarnya. Tercatat, hanya empat kubik kayu jenis balam taji yang ikutan terbakar dan langsung jadi arang.

“Diduga api berasal dari puntung rokok karyawan depot. Puntung rokok itu kemungkinan dibuang di dekat serbuk bekas olahan kayu, lalu karyawan tidak menyadari kalau itu akan memancing sebaran api,” ujar Kepala Dinas Satpol-PP dan Damkar BS, Erwin Muchsin, S.Sos.

Diteruskan Erwin, proses pemadaman api tidak berlangsung lama. Sebab, saat mendengar informasi kebakaran itu. Pihaknya langsung menerjunkan tiga unit armada damkar. Hal ini lantaran area tersebut banyak tersedia kayu, dan khawatir api akan menyebar ke pemukiman penduduk.

“Tidak ada korban jiwa ataupun korban luka-luka. Namun, kerugian materil ditaksir hingga Rp6 juta. Tim kami juga telah menyisir titik awal mula api di lokasi tersebut,” sambung Erwin.

Untuk itu, dirinya berharap agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan dan berhati-hati saat beraktivitas di dalam maupun luar rumah. Terlebih aktifitas itu bersentuhan langsung dengan bahan yang mudah terbakar atau memantik penyebaran api.

“Semuanya sudah kondusif kembali, mudah-mudahan kejadian ini tidak terulang lagi. Jika ada kejadian kebakaran, warga diminta langsung menghubungi kami. Agar tim langsung bergerak ke lapangan,” demikian Erwin. (rzn)

Sumber: