Vaksin Pelajar Tuntas, Dinkes Mulai Sasar Desa

Vaksin Pelajar Tuntas, Dinkes Mulai Sasar Desa

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) saat ini mulai menyasar vaksinasi ke tingkat desa dengan mengerahkan seluruh tenaga kesehatan (Nakes) yang ada di Kabupaten BS. Hal ini untuk mensukseskan, program vaksinasi di Kabupaten BS agar segera mencapai target yang diinginkan pemerintah pusat.

Sebelumnya, pelaksanaan vaksinasi pelajar dipastikan tuntas untuk vaksinasi dosis pertama, tinggal saat ini menunggu penyuntikan dosis kedua. Karena itu, untuk mengoptimakan pelayanan dan capaian target, maka tim vaksinator melakukan pelayanan mendatangi desa-desa.

Kepala Dinkes BS, Siswanto S.Sos MSi mengatakan, pihaknya terus mengoptimalkan pelayanan vaksin. Terlebih belum lama ini ada penambahan capaian sebanyak 2.700 sasaran vaksinasi diwilayah kerja 14 Puskesmas pada kegiatan vaksinasi peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) akhir bulan Oktober.

Sehingga, saat ini jajaran Dinkes mulai menyasar pelayanan vaksinasi ke desa-desa. “Untuk mensukseskan program vaksinasi di Kabupaten BS dalam upaya tetap menjaga kekebalan tubuh dari serangan wabah Covid-19 maka harus dilakukan vaksin. Saat ini pelayanan mulai menyasar ketingkat desa dengan mengerahkan seluruh nakes yang ada termasuk dokter umum di Rumah Sakit Hasanudin Damrah (RSUHD) Manna untuk memberikan pelayanan ke desa-desa,” ujar Siswanto.

Ditambahkan Siswanto, tetap akan fokus memberikan pelayanan vaksinasi sampai tingkat desa. Karena saat ini pelayanan sudah mulai berjalan di kantor atau Posyandu di tingkat desa supaya seluruh lapisan masyarakat bisa tersentuh oleh vaksin.

"Bagi masyarakat didesa yang ingin vaksin cukup mendatangi pelayanan. Untuk mensukseskan vaksinasi ditingkat desa Dinkes bekerjasama dengan pihak TNI/Polri dan Pemdes setempat. Kepada Pemdes di masing-masing wilayah pihaknya berharap agar kiranya bisa mengajak masyarakatnya untuk mengikuti vaksin Covid-19, cukup dengan membawa KTP dan nomor handphone. Semua pelayanan gratis,” pesan Siswanto. (one)

Sumber: