Bunga Rafflesia Mekar Sempurna di Hutan Pino Raya

Bunga Rafflesia Mekar Sempurna di Hutan Pino Raya

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Sekuntum Bunga Rafflesia mekar di Desa Cinto Mandi Kecamatan Pino Raya Kabupaten Bengkulu Selatan (BS), Rabu (3/11), tepatnya di tengah hutan belantara dan bersebelahan dengan aliran sungai.

Jarak tempuh menuju bunga terbesar di dunia ini berkisar 1000 meter dari jalan raya lintas Desa Cinto Mandi. Untuk sampai ke lokasi tentu harus menggunakan kendaraan bermotor modifikasi.

Bunga tersebut memiliki diameter 60 sentimeter.“Bunga tersebut baru sudah mekar sekitar satu minggu. Hari ini sudah mekar sempurna, ” ujar Awendri (25) warga setempat yang pertama kali melihat keberadaan bunga tersebut.

Dia memprediksi, di lokasi bunga Rafflesia mekar tersebut akan terus mekar bunga Rafflesia lainnnya. Sebab ada beberapa bonggol yang lain masih tertanam di tanah.

"Saya agak kaget pas melihat bunga ini mekar. Karena baru kali ini juga ada penemuan bunga Rafflesia di Kecamatan Pino Raya. Tadi terlihat saat kami melakukan verifikasi lahan replanting sawit," sambung Awendri.

Mekarnya bunga Rafflesia tersebut menjadi momen tersendiri bagi masyarakat  Desa Cinto Mandi. Apalagi, jarak tempuh menuju lokasi mekarnya bunga Raflesia sangat dekat pemukiman warga.  “Kami siap mendampingi kalau ada warga yang ingin berkunjung," pungkas Awendri. (rzn)

Sumber: