Cegah Diabetes, Ini Batasan Gula Untuk Anak Sesuai Saran Ahli

Cegah Diabetes, Ini Batasan Gula Untuk Anak Sesuai Saran Ahli

RASELNEWS.COM - Tren penyakit diabetes saat ini sudah mulai bergeser ke usia muda. Karena itu mulailah kebiasaan hidup sehat dengan pola makan dan minum rendah gula. Salah satunya dengan membatasi minuman manis.

Menyambut Hari Kesehatan Nasional, dalam webinar bersama Nestlé MILO dalam MILO Less Sugar, semestinya minuman manis tanpa penambahan gula harus diedukasi sejak dini di dalam keluarga. Orang tua harus mulai mengatur konsumsi gula harian anak.

“Selain memperhatikan asupan gizi yang tepat bagi anak, gula juga harus mulai diatur. Penting bagi orang tua untuk mengajak anak tetap bergerak aktif melalui olahraga sebagai salah satu sarana stimulasi agar anak dapat mencapai potensi terbaiknya,” kata Business Executive Officer Beverages Business Unit PT Nestlé Indonesia, Mirna Tri Handayani secara daring baru-baru ini, Senin (15/11).

Spesialis Gizi Klinik, dr. Putri Sakti, M.Gizi, Sp.GK, AIFOK mengungkapkan, sesuai dengan peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, konsumsi gula lebih dari 50 gr per orang per hari berisiko hipertensi, stroke, diabetes, dan serangan jantung.

Maka dari itu, penting bagi orang tua untuk mengatur asupan gula dan gizi anak sejak dini sesuai dengan kebutuhannya. Sebab pola makan yang tidak seimbang serta mengonsumsi gula secara berlebihan akan berdampak pada masa depan anak.

“Selain gula dan gizi, orang tua juga harus memperhatikan aktivitas fisik anak agar tetap seimbang, mengingat saat ini pembatasan kegiatan di luar rumah menjadi tantangan yang dihadapi selama pandemi,” kata dr. Putri.

Berapa Batasan Gula Untuk Anak?

Corporate Nutritionist Nestlé Indonesia, Eka Herdiana menambahkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia mengenai Pedoman Gizi Seimbang menyebutkan bahwa anak usia 7-12 tahun disarankan mengonsumsi gula tambahan sebanyak 2 porsi (20 gr/ 2-3 sdm) per hari. “Untuk itu, penting bagi para orang tua agar meningkatkan kesadaran dan mulai memperhatikan informasi gizi yang tertera pada produk terutama kandungan gula sebelum membeli,” kata Eka. (jawapos.com)

Sumber: