Gusnan Janji Carikan Solusi Pemasaran Ikan Patin

Gusnan Janji Carikan Solusi Pemasaran Ikan Patin

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Pemkab Bengkulu Selatan (BS) tetap berupaya mencarikan solusi bagi petani ikan, khususnya peternak ikan patin yang merasa sedikit kesusahan dalam memasarkan produk hasil mereka baru-baru ini.

Bahkan Bupati BS Gusnan Mulyadi mengaku akan mencarikan market atau pasar hasil budidaya ikan patin di Bumi Sekundang Setungguan.

"Memang kalau untuk orang kita, Bengkulu Selatan ini ikan patin kurang diminati. Tetapi kalau di daerah luar, patin menjadi kebutuhan yang harus didapat untuk memenuhi cita rasa makanan,” ujar Bupati.

Disampaikan Gusnan, ikan patin mengandung Omega yang tinggi sama dengan ikan salmon sehingga digemari oleh orang luar negeri. Untuk itulah sebagai solusi daerah penghasil patin, diharapkan masyarakat mampu mengawetkan ikan patin. Juga membuat pabrik pengolahan berbahan patin.

“Inilah yang bisa dilakukan, mudah-mudahan nantinya pabrik tersebut bisa terwujud. Untuk mewujudkan pengolahan ikan patin, kita memerlukan investasi sekitar Rp 10 miliar. Kalau persoalan pemasaran, nantinya akan bekerja sama dengan pihak luar,” papar Gusnan.

Bukan itu saja, Gusnan berjanji akan meminta bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk mencarikan prospek pasar dan bantuan bibit.

“Dengan keterlibatan pemerintah dalam membuka ruang dan mencari solusi memecahkan persoalan peternak, diharapkan menumbuhkan semangat petani membudidayakan ikan patin,” pungkas Gusnan. (one)

Sumber: