Bengkulu Selatan Masih Kekurangan Nakes

Bengkulu Selatan Masih Kekurangan Nakes

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN – Meskipun sudah memiliki 14 Puskesmas yang tersebar di sebelas kecamatan dan satu rumah sakit daerah, namun soal ketersediaan pelayanan dan tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Bengkulu Selatan (BS), ternyata masih kurang.

Dari 14 Puskesmas, masih ada yang tidak memiliki dokter umum, yakni Puskesmas Anggut Kecamatan Pino. Belum lagi, tenaga medis yang lain, dirasa memang belum lengkap.

Kepala Dinkes BS, Siswanto M.Si mengaku kondisi ini tentu berpengaruh dengan pelayanan kesehatan pada masyarakat. Apalagi jangkauan wilayah di BS cukup luas, terdiri dari 11 kecamatan, 142 desa dan 16 kelurahan.

Saat ini total dokter yang ada di 14 Puskesmas sebanyak 29 orang dari berbagai tenaga kesehatan program nusantara sehat, ASN dan tenaga sukarela (TKS). Sementara kenyataannya saat ini masih kekurangan tujuh dokter umum dan sembilan dokter gigi.

“Kekurangan dokter ini lantaran ada yang sekolah dan pindah tugas ke rumah sakit,” ujar Siswanto. Dikatakan Siswanto, selama ini pelayanan kesehatan di tingkat puskesmas sangat terbantu dengan program nusantara sehat, dokter interhnsip dan tenaga kontrak.

“Kedepan diharapkan Pemkab BS lebih memperhatikan kebutuhan penambahan nakes khususnya dokter untuk Puskesmas,” harap Siswanto.(one)

Sumber: