Seleksi PPPK Tahap III Guru Terancam Hangus

Seleksi PPPK Tahap III Guru Terancam Hangus

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN – Rangkaian seleksi tahap III penerimaan ASN Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guru nampaknya tidak bisa dilakukan dalam tahun 2021, bahkan terancam hangus.

Ini dikarenakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI, beberapa kali mengundur jadwal seleksi tahap I dan II, serta mengubah kebijakan tes berbasis CAT tersebut.

Jika dilihat secara menyeluruh dari rangkaian tes yang dikeluarkan pemerintah pusat tersebut, jadwal pelaksanaan seleksi kompetensi tahap II PPPK guru baru dilaksanakan pada 6–10 Desember mendatang. Belum lagi untuk jadwal kegiatan sanggah oleh peserta tes pada 17 Desember. Tentu jadwal itu sangat mepet dan membuat peluang seleksi selanjutnya sangat kecil untuk bisa dilaksanakan.

Menanggapi hal ini, Kepala Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III Manna Kabupaten Bengkulu Selatan (BS), Diazdado Putrajaya, SE, M.Si mengingatkan agar peserta seleksi tahap dua PPPK guru lebih memaksimalkan pelaksaan tes tahap II nantinya. Setiap peserta diminta belajar maksimal dan menekuni kisi-kisi soal yang dimiliki.

“Sementara ini, baru informasi seputar seleksi CPPPK tahapan dua yang kami dapat. Sementara yang tahapan III, belum ada jadwalnya,” ujar Diazdado.

Dia menyebut, sebelumnya pernah ada dibahas mengenai penetapan jadwal setiap seleksi PPPK tersebut. Akan tetapi, karena banyak kebijakan terbaru yang diambil pusat setelah keluarnya hasil seleksi tahap I. Maka, jadwal tes kedua dan ketiga terpaksa ditetapkan ulang.

“Target pemerintah memang tahun ini ada tiga kali seleksi PPPK guru. Tapi, kalau memang dua seleksi yang terealisasi, apa boleh buat. Maka dari itu, peserta harus memaksimalkan kesempatan yang ada ini,” harap Diazdado.

Jika nantinya gelaran seleksi PPPK guru tahap III betul tidak bisa dilakukan dalam tahun ini, seluruh peserta yang belum lolos seleksi tahap I dan tahap II, termasuk calon peserta baru yang mendaftar harus berlapang dada dan siap menunggu seleksi tahun berikutnya.

“Yang menentukan jadwalnya adalah panselnas, kami di sini hanya menjalankan kegiatan saja. Kalaupun memang nantinya tetap ada seleksi tahap III PPPK, tentu baik bagi peserta,” jelas Diazdado. Sementara untuk persentase kelulusan peserta tahap satu dia menyebut jumlahnya masih sangat kecil.

Bahkan, masih jauh untuk memenuhi kuota dari pusat kepada pemerintah daerah (Pemda) BS yang berjumlah 369 formasi. Pada hasil seleksi tahap satu tersebut, hanya 64 peserta yang dinyatakan lolos. Artinya, masih tersisa 305 formasi belum terisi oleh peserta.

“Memang asih banyak formasi yang kosong, karena minimnya kelulusan peserta. Mudah-mudahan saja pada seleksi berikutnya targetnya terpenuhi,” papar Diazdado.

Disamping itu, pihaknya juga belum bisa memantau jumlah keseluruhan peserta yang bakal mengikuti tes. Sebab, daftar peserta tes baru dikeluarkan sehari sebelum pelaksanaan seleksi dilakukan.

“Sekarang ini masih verifikasi berkas pendaftaran oleh peserta. Tanggal 2 Desember baru bisa cetak kartu ujian untuk peseta seleksi tahap II,” pungkas Diazdado. (rzn)

Sumber: