Mutasi Tinggal Menghitung Hari : Giliran Pejabat Eselon II Dievaluasi

Mutasi Tinggal Menghitung Hari : Giliran Pejabat Eselon II Dievaluasi

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Gerbong mutasi di lingkungan Pemkab Bengkulu Selatan (BS) tampaknya tinggal menghitung hari. Apalagi Bupati BS, Gusnan Mulyadi menegaskan dirinya akan selalu mengevaluasi kinerja para pejabat eselon dilingkungan Pemkab BS.

Terlebih, pasca dilakukanya cascading dan uji kompetensi untuk seluruh pejabat eselon dilingkungan Pemkab BS. Hal ini, guna menyelaraskan program kerja Pemkab Bengkulu Selatan (BS) di lingkungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Khusus untuk pejabat eselon II, rencana untuk pengisian jabatan yang kosong, maupun rotasi atau job fit segera dilakukan. Hanya saja, untuk proses pengisian atau lelang jabatan eselon II masih menunggu izin dari KASN dan Mendagri.

Saat ini ada tiga posisi jabatan eselon II yang kosong yakni Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, dan Staf Ahli Bupati.

“Mutasi, evaluasi kinerja jabatan itu tetap akan selalu ada, karena ini kebutuhan organisasi pemerintahan. Jadi jangan dijadikan mutasi itu sebagai momok. Khusus untuk eselon II memang masih menunggu rekomendasi KASN dan Mandagri untuk lelang jabatan,” pungkas Gusnan Mulyadi.

Dikatakan Gusnan, cascading atau uji kompetensi terhadap seluruh pejabat eselon II, III dan IV di setiap OPD menjadikan dasar untuk melakukan mutasi. Terlebih hasil cascading dan uji kompetensi pejabat eselon III beberapa waktu lalu, ternyt banyak yang tidak berkompeten. Hal ini membuktikan masih ada beberapa pejabat di OPD yang ternyata belum memahami betul tupoksi sebagai pejabat struktural di masing-masing OPD.

“Apa yang telah dilakukan baik itu cascading OPD maupun uji kompetensi akan menjadi bahan pertimbangan sekaligus evaluasi kinerja bagi pejabat daerah. Karena, Pemkab BS kali ini benar-benar serius untuk memperbaiki sistem birokrasi,” pungkas Gusnan.(one)

Sumber: