Belasan Ton Kopi Robusta Bengkulu Diekspor

Belasan Ton Kopi Robusta Bengkulu Diekspor

RASELNEWS.COM, BENGKULU - Gubernur Bengkulu melepas 19 ton kopi Robusta Bengkulu untuk diekspor ke Timur Tengah, Jumat (17/12/2021).Pelepasan ekspor kopi ini bersamaan dengan dilantiknya kepengurusan DPD Pemuda Tani Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Provinsi Bengkulu periode 2021-2025.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menekankan Pemuda Tani HKTI dapat menjadi penggerak kemajuan pertanian, baik sisi hulu maupun hilir. Sehingga cita-cita untuk membangkitkan ekonomi pada sektor pertanian bisa terwujud. "Saya mengapresiasi langkah pemuda HKTI ini. Kita meyakini kehadiran pemuda tani ini dapat mengubah citra petani," kata Rohidin.

Gubernur berharap ekspor ini dapat berkelanjutan, sehingga nantinya memberikan dampak positif terhadap harga kopi, demi meningkatnya kesejahteraan petani. "Ekspor kopi ini kita harapkan terus berkelanjutan. Apalagi kopi Bengkulu sudah dikenal mancanegara," kata Rohidin.

Ditambahkan Ketua DPD Pemuda Tani HKTI Provinsi Bengkulu, Mellisa Oksadian Abu, mereka berkomitmen memperkenalkan komoditi dan potensi yang dimiliki Provinsi Bengkulu. Mulai dari sektor pertanian, perkebunan, maupun perikanan.

"Fokusnya bukan hanya bagian hulu atau produktifitasnya saja, tetapi juga hilir ataupun pasca panen. Sehingga petani merasakan betul hasilnya," katanya.

Sementara Ketua Umum DPP Pemuda Tani HKTI, Rina Saadah, menyebut pertanian merupakan salah satu sektor yang tangguh di Indonesia, khususnya di tengah pandemi Covid-19. Namun selama ini petani diidentikkan dengan pekerjaan yang kurang menjamin kesejahteraan. "Paradigma itu harus kita ubah, apalagi sekarang sudah zamannya teknologi digital," demikian Rina. (cia)

Sumber: