Kamis, Vaksinasi Usia 6-11 Tahun Dilaksanakan

Kamis, Vaksinasi Usia 6-11 Tahun Dilaksanakan

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Pemerintah secara resmi melaksanakan kick off vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun. Kick off secara nasional ini menandai bahwa vaksinasi usia 6-11 tahun untuk anak-anak  telah dimulai.

Menyusul kebijakan nasional ini, Badan Intelejen Negara Daerah Bengkulu bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan (BS), akan menggelar kick off atau launching vaksinasi anak usia 6-11 tahun.

Menurut Korwil II Badan Intelejen Negara Daerah (BINDA) Bengkulu, Drs. Yusrizal, di Provinsi Bengkulu, hanya ada tiga kabupaten yang ditunjuk sebagai lokasi pelaksanaan kick off vaksinasi anak usia 16-11 tahun. Yakni Kabupaten Bengkulu Selatan, Kaur, dan Kabupaten Bengkulu Utara.

Terpilihnya Kabupaten BS sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan HK.01.07/MENKES/6688/2021, tidak lepas dari capaian vaksinasi di Kabupaten BS yang tergolong tinggi. Termasuk capaian vaksinasi untuk kalangan pelajar yang di atas rata-rata kabupaten lainnya.

"Sebenarnya ini merupakan penghargaan dari pemerintah pusat terhadap Pemda Bengkulu Selatan, Dinas Kesehatan, termasuk stakehilders lainnya, TNI/Polri atas capaian vaksinasi yang on the track," ujar Yusrizal.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten BS, Rispin Junaidi, M.Pd melalui Kabid Dikdas Efriansyah, SE menyambut baik terkait rencana vaksinasi anak usia 6-11 tahun ini. “Vaksinasi ini sangat penting dalam pembelajaran tatap muka. Makanya anak-anak usia 6-11 tahun, yang duduk di bangku sekolah dasar akan divaksin,” jelas Efriansyah.

Bersama dengan Dinas Kesehatan, menurut Efriansyah, pihaknya siap melaksanakan vaksinasi untuk anak-anak SD di BS. Direncanakan pelaksanaan kick off tanda dimulainya vaksinasi anak usia 6 sampai 11 tahun ini akan dilaksanakan pada Kamis (23/12/2021) . "Kegiatan vaksinasi nantinya dilaksanakan di SD Negeri 4 Bengkulu Selatan," ungkapnya.

Selain murid SDN 4 BS, beberapa murid dari SD lain juga akan menjadi peserta vaksinasi, yakni SD Negeri 1, SDN 2 dan SDN 3 BS. Dengan total sasaran sebanyak 600 anak. "Berhubung ini masa libur sekolah, nanti anak-anak diminta datang bersama orang tuanya. Sekalian mendampingi anaknya divaksin," harap Efriansyah.

Pastikan Aman

Pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun di BS ini akan menggunakan vaksin jenis Sinovac. Jenis vaksin ini pula yang telah digunakan oleh Kementerian Kesehatan pada saat kick off vaksinasi anak usia 6-11 tahun di DKI Jakarta, Depok dan Tangerang pada 14 Desember 2021. Sehingga vaksin jenis Sinovac ini cocok dan aman untuk anak-anak usia 6 hingga 11 tahun.

Dilansir dari website resmi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia https://sehatnegeriku.kemkes.go.id, bahwa pelaksanaan vaksinasi untuk anak-anak usia 6-11 tahun ini sejalan dengan rekomendasi dari Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (Indonesian Technical Advisory Group on Immunization/ITAGI) melalui surat nomor 166/ITAGI/Adm/XII/2021 tanggal 9 Desember 2021 perihal kajian vaksinasi COVID-19 pada anak usia 6-11 tahun, vaksinasi COVID-19 dapat diberikan kepada anak usia 6 (enam) sampai dengan 11 (sebelas) tahun.

Bersamaan dengan ini Menteri Kesehatan telah mengeluarkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia (KMK) Nomor HK.01.07./MENKES/6688/2021 tentang Pelaksanaan Vaksiansi COVID-19 Bagi Anak Usia 6 (Enam) Samlai Dengan 11 (Sebelas) Tahun, yang ditandatangani oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pada 13 Desember 2021.

Jenis vaksin yang akan digunakan untuk Vaksinasi anak usia 6-11 tahun adalah vaksin vaksin Sinovac atau vaksin jenis lainnya yang sudah ada Emergency Use Of Authorization (EUA) dari BPOM. Untuk vaksin Sinovac, interval pemberian dosis 1 dan dosis 2 adalah 28 hari serta harus didahului dengan proses skrining kesehatan sesuai dengan format standar yang telah berlaku.

“Berdasarkan rekomendasi ITAGI dan hasil EUA dari BPOM, jenis vaksin yang akan kita gunakan adalah Vaksin Sinovac. Vaksin Sinovac memiliki KIPI yang kecil, sehingga kita prioritaskan untuk anak-anak. Beberapa negara juga menjalankan vaksinasi pakai platform lain, mungkin itu juga akan kita gunakan, tapi untuk saat ini vaksin yang tersedia untuk anak-anak kita utamakan Sinovac dulu,” kata Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono saat membuka kick off vaksinasi anak usia 6-11 tahun di SD Cempaka Putih Timur 03, Jakarta Pusat pada Selasa (14/12).

Wakil Menteri Kesehatan berharap pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun ini bisa mendukung kegiatan pembelajaran tatap muka secara langsung bisa berjalan dengan aman dan terlindungi serta bisa segera direplikasi di seluruh daerah di Indonesia. (rzn/net)

Sumber: